Ini 5 Manfaat Salat Dhuha Selain Pembuka Pintu Rezeki

Ini 5 Manfaat Salat Dhuha Selain Pembuka Pintu Rezeki

Ilustrasi.--

Ini 5 Manfaat Salat Dhuha Selain Pembuka Pintu Rezeki

oganilir.co - Selain salat wajib, ada banyak salat-salat sunnah lainnya yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan oleh seorang muslim. Salah satunya Salat Dhuha

Salat ini dikenal sebagai pembuka dan memperlancar rezeki. Umat muslim yang melaksanakan Salat Dhuha tidak hanya mendapatkan pahala dari Allah SWT. Tetapi juga memberikan manfaat untuk kesehatan fisik hingga mental. 

Seperti dilansir dari dari detikHikmah yang mengutip buku Keberkahan Sholat Dhuha, Raih Rezeki Sepanjang Hari: Plus Ayat & Doa-Doa oleh Ustadz Arif Rahman, disebutkan, Salat Dhuha tidak hanya bernilai ibadah, tetapi juga memberikan manfaat bagi tubuh dan suasana hati.

Mengerjakan Salat Dhuha rukunnya sama dengan melaksanakan salat wajib dua rakaat atau Salat Sunnah lainnya. Sama halnya salat wajib, solat Dhuha juga terdapat gerakan yang harus dilakukan. Sehingga gerakan tersebut secara tidak langsung membuat kita melakukan kegiatan olahraga.

BACA JUGA:5 Keutamaan Salat Tahajud, Membawa ke Tempat yang Mulia Serta Doanya Dikabulkan

Berikut beberapa manfaat melaksanakan Salat Dhuha untuk kesehatan fisik dan jiwa:

1. Kesehatan Tubuh

Salat Dhuha dilaksanakan di waktu pagi mulai pukul 07.00 sampai 10.00 WIB atau sebelum matahari berada pada pada posisi tegak lurus. Waktu tersebut merupakan yang sangat baik untuk berolahraga.

Selain itu, gerakan yang dilakukan saat Salat Dhuha juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta otot. Pasalnya, saat melaksanakan saolat, setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai kaki, sehingga secara tidak langsung membuat tubuh aktif bergerak.

Ada pendapat lain menyebutkan bahwa orang yang rutin melaksanakan Salat Dhuha, selain dijaga kesehatannya oleh Allah SWT serta menyembuhkan dari penyakit yang diderita.

BACA JUGA:Salat Jumat di Masjid Nurul Islam, Ada Snacknya Lho

2. Melancarkan peredaran darah

Sama dengan kesehatan tubuh, dalam pergerakan sholat dhuha juga bisa membantu melancarakan peredarah darah yang ada di dalam tubuh manusia. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan ruku, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan.

Sumber: