Sah, Kalsel Tuan Rumah Porwanas XIV 2024, ini Jadwalnya

Sah, Kalsel Tuan Rumah Porwanas XIV 2024, ini Jadwalnya

Sahbirin Noor berbincang dengan pengurus PWI Kalsel. foto: istimewa--

Sah, Kalsel Tuan Rumah Porwanas XIV 2024, ini Jadwalnya

BANJARMASIN, oganilir.co - Pekan Olahraga Nasional (Porwanas) XIV 2024 yang  sedianya digelar di Sumatera Barat, batal. Sebagai pengganti tuan rumah pesta olahraga insan pers anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu adalah Provinsi Kalimantan Selatan. 

Hal itu merujuk dari surat yang ditujukan PWI Pusat kepada Gubernur Kalimantan Selatan Nomor: 120/PWI-P/LXXVII/2023 tertanggal 29 November 2023. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat telah menetapkan Provinsi Kalsel sebagai tuan rumah Porwanas 2024.

PWI Kalsel selaku pelaksana daerah langsung bekerja secara maraton mempersiapkan segala sesuatu terkait Porwanas. Mulai dari rapat pleno hingga melaporkan kepada pemerintah daerah. 

Secara khusus Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie, melaporkan penetapan Kalsel sebagai tuan rumah tersebut kepada Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. Gubernur biasa disapa Paman Birin yang sedari awal mendukung penuh Porwanas 2024 menyambut baik penetapan tersebut. 

BACA JUGA:3 Calon Ketua PWI Sumsel Mengambil Formulir

Ia langsung menginstruksikan jajaran untuk menindaklanjuti dan mendukung Porwanas 2024. Begitu pula dengan rencana pelaksanaan pada bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Kalsel sangat disetujui Paman Birin.

"Pelaksanaannya di bulan Agustus tepat, sehingga PWI berkoordinasi dengan jajaran untuk mempersiapkannya," kata Paman Birin, Rabu 13 Desember 2023 malam. 

Sejalan dengan semangat PWI Kalsel memperkenalkan olahraga berbasis kearifan lokal, Paman Birin juga mendukung olahraga rekreasi dipertandingkan saat Porwanas mendatang. 

"Ya misalnya Balogo bisa ditandingkan, agar banyak orang mengenal olahraga kearifan lokal tersebut," ujar Paman Birin.

Zainal Helmi menambahkan bahwa Porwanas 2024 dipusatkan di Kota Banjarmasin. Pembukaan dirancang di Gelanggang Olahraga (Gelora) Paman Birin di komplek perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Sementara penutupan dirancang di Siring Nol Kilometer.  

BACA JUGA:Konferprov PWI Sumsel, Pendaftaran Calon Ketua Dibuka 10 Desember 2023

"InsyaAllah sebelumnya kontingen PWI se-Indonesia dijadwalkan terlebih dahulu dijamu dalam gala dinner oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalsel, Irwansyah, menyatakan bahwa ia bersama pengurus SIWO telah memulai rapat awalan persiapan pelaksanaan. Menurutnya, sebagai tuan rumah Kalsel punya dua tugas utama, pertama sebagai pelaksana dan kedua sebagai peserta. 

Sumber: