BWF World Tour Finals 2023, 4 Wakil Indonesia Berpeluang Lolos Semifinal

BWF World Tour Finals 2023, 4 Wakil Indonesia Berpeluang Lolos Semifinal

Jonatan Christie usai berlaga melawan Kunlavut Vitidsarn di babak penyisihan grup BWF World Tour Finals 2023. foto: badminton photo--

BWF World Tour Finals 2023, 4 Wakil Indonesia Berpeluang Lolos Semifinal

HANGZHOU, oganilir.co - BWF World Tour Finals 2023 hari ini Jumat 15 Desember memasuki hari terakhir babak pnenyisihan grup. Dua dari enam wakil Indonesia dipastikan tersingkir pada turnamen pamungkas BWF tutup tahun 2023 ini. 

Mereka adalah tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Empat wakil lainnya masih berjuang. Yakni dua tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan ganda campuran Apriyani Rahayu. 

Dari empat wakil yang bertahan di babak penyisihan, hanya Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang masih belum dalam posisi aman untuk lolos ke semifinal turnamen berhadiah total Rp38 miliar ini.

BACA JUGA:Ganda Putri Jepang Mundur di BWF WTF 2023, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Jalani Laga Hidup Mati

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus menjalani laga hidup mati untuk meraih posisi runner up Grup A melawan Liu Sheng Shu/Tan Ning. Laga sendiri akan dihelat di Hangzhou Sports Centre, Hangzhou, China.

Tiga wakil Indonesia lainnya dipastikan lolos ke semifinal karena sudah  mengantongi dua kali kemenangan di fase penyisihan grup masing-masing. 

Indonesia sejauh ini baru memiliki ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, sebagai satu-satunya wakil yang sudah memastikan tempat di babak empat besar BWF World Tour Finals 2023.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan berjuang paling awal. Ganda putri andalan Indonesa ini akan menjalani laga hidup mati dengan menghadapi pasangan muda China, Liu Sheng Shu/Tan Ning.

BACA JUGA:Kalah 2 Kali di Penyisihan, Jorji Tersingkir di BWF World Tour Finals 2023

Apriyani/Fadia dan Liu/Tan sama-sama tidak diuntungkan dengan mundurnya wakil Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Kemenangan Apriyani/Fadia dan Liu/Tan atas Matsumoto/Nagahara. Mereka malah kompak minus karena kalah dari unggulan pertama, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China).

Walau baru berusia 20 tahun, Liu/Tan terbukti berbahaya. Buktinya adalah mereka mampu lolos ke BWF World Tour Finals walau baru akhir tahun lalu dipasangkan.

Apriyani/Fadia pun menjadi salah satu pasangan top yang telah dikalahkan Liu/Tan. Ini terjadi di semifinal French Open 2023 di mana PriFad kalah 15-21, 21-17, 14-21.

Sumber: