Ini Waktu-Waktu yang Tepat Berdoa Kepada Allah SWT

Ini Waktu-Waktu yang Tepat Berdoa Kepada Allah SWT

Ilustrasi.--

Lailatul Qadar adalah malam yang paling dicari dan dinantikan seluruh umat muslim di belahan dunia manapun karena merupakan waktu dimana kitab suci Al-Qura’an diturunkan. Selain itu keutamaan beribadah pada malam ini juga dihitung lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu, malam Lailatul Qodar adalah saat yang paling mustajab untuk berdoa dan menyampaikan permintaan pada Allah SWT.

Sebagaimana firmanAllah Ta’ala:

“Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan” (QS. Al Qadr: 3)

3.    Saat Azan Berkumandang

BACA JUGA:4 Nabi Dalam Islam Masih Hidup, ini Kisahnya

Azan berkumandang merupakan salah satu saat terbaik untuk berdoa kepada Allah SWT bahkan dikatakan dalam hadist bahwa doa tersebut tidak akan tertolak atau kecil peluang tertolaknya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

4.    Saat Sujud dalam Shalat

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

 

Sumber: