Belum Diluncurkan, Mobil Listrik Huawei Aito M9 Sudah Dipesan 54.000 Unit, ini Kelebihannya

Belum Diluncurkan, Mobil Listrik Huawei Aito M9 Sudah Dipesan 54.000 Unit, ini Kelebihannya

Mobil listrik Huawei Aito M9.--

Belum Diluncurkan, Mobil Listrik Huawei Aito M9 Sudah Dipesan 54.000 Unit, ini Kelebihannya

oganilir.co - Tak hanya Xiaomi yang melakukan ekspansi mengembangkan bisnis otomotif dengan mengeluarkan produk mobil listrik. Perusahaan smartphone asal China Huawei juga mulai melirik bisnis otomotif. 

Huawei mengeluarkan mobil listrik jenis SUV yang diberi nama Aito M9. Mobil Aito M9 ini dikembangkan Huawei bersama Seres yang merupakan produsen mobil listrik.

Yang pasti, Aito M9 bukan mobil biasa. Banyak fitur canggih dibenamkan di mobil tersebut. Seperti dikutip dari laman PowerOn, salah satu keunggulan utama mobil ini adalah fitur teknologi pintar penggerak otonom.

Mobil yang diluncurkan di Shenzhen, Guangdong, butuh waktu tiga tahun dalam perjalanan pengembangannya. Teknologi otonom yang dimaksud pada mobil ini merupakan sebuah teknologi bantuan mengemudi tingkat tinggi sehingga mobil mampu melaju tanpa intervensi pengemudi.

BACA JUGA:Sukses Luncurkan Mobil Listrik SU7, Xiaomi Kembangkan Varian Hybrid

Selain itu mobil ini juga dilengkapi perangkat navigasi yang lengkap serta canggih tanpa tergantung Peta Definisi Tinggi (HDM). Menurut Huawei Technologies Company, Aito M9 mampu berjalan secara otonom dengan akurasi yang tinggi meskipun tidak dengan HDM.

Ini karena kombinasi 27 sensor yang dibenamkan oleh Huawei dan Seres. Selain itu teknologi kercedasan buatan (AI), termasuk kamera definisi tinggi dan LIDAR yang dapat mendeteksi obyek dengan lebih akurat dan cepat.

Sebagai informasi LIDAR (Light Detection and Ranging) adalah sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan/atau informasi lain dari target yang jauh. Metode untuk menentukan jarak menuju objek atau permukaan adalah dengan menggunakan pulsa laser.

Menurut Huawei Smart Vehicle Unit Business Head, Yu Chengdong, untuk perjalanan jarak jauh, sistem teknologi ini tetap membutuhkan intervensi secara manual oleh pengemudi mobil setelah berjalan sejauh 200 kilometer.

BACA JUGA:Neta V, Mobil Listrik Pendatang Baru ini Saingi Kendaraan Offroad, Terjang Banjir Setinggi 1,5 Meter

"Ini untuk penyesuaian dengan kondisi dan situasi baru. Setelah itu, di jalanan perkotaan mobil ini dapat bermanuver masuk atau keluar dari skenario lalu lintas cepat seperti layaknya pengemudi berpengalaman,” ujar Yu Chengdong.

Mobil Aito M9 rupanya mendapat respons positif dari konsumen. Bahkan Yu Chengdong mengklaim kalau telah menerima pesanan Aito M9 sebanyak 54.000 unit, sejak mobil itu diperkenalkan hingga resmi dikuncurkan pada 26 Desember 2023.

Huawei sangat optimistis pesanan akan terus mengalir karena daya tarik teknologi tinggi mobil tersebut. Sementara untuk mendongkrak penjualan semua produknya, pada tahun 2024 Huawei akan meresmikan 800 outlet penjualan baru di Tiongkok. Di tahun 2025 ditargetkan telah mencapai 1.000 outlet baru.

Sumber: