Lahat Diterjang Banjir, 4 Desa Terisolir

Lahat Diterjang Banjir, 4 Desa Terisolir

Banjir melanda Kabupaten Lahat di malam pergantinan Tahun Baru 2024.--

Lahat Diterjang Banjir, 4 Desa Terisolir

LAHAT, ooganilir.co - Kabupaten Lahat, Sumsel dilanda banjir pada malam pergantian Tahun Baru 2024. Rumah warga di empat desa Kecamatan Lahat Selatan dihantam banjir. Banjir melanda sejak Ahad 31 Desember 2023 pukul 23.35 hingga Senin 1 Januari 2024 pukul 01.30 WIB. 

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lahat, meluapnya air terjadi antara pukul 23.35 WIB, Ahad hingga Senin pukul 01.30 WIB. Warga yang sedang tertidur tidak menyangka air masuk ke dalam rumah.

Desa yang terendam banjir berada di sepanjang aliran Sungai Lematang. Yakni Desa Tanjung Payang, Karang Dalam Ilir, Tanjung Tebat Ilir, Rimbe Bedung, dan Prumnas Resident Tanjung Payang.

Beni, seorang warga Lahat Selatan mengatakan bahwa banjir yang melanda terjadi saat warga tidur pulas. "Hujan deras semalam membuat air sungai Lematang meluap dan masuk ke dalam rumah warga," kata Beni, Senin 1 Januari 2024.

BACA JUGA:Diterpa Banjir Bandang, Jembatan Muratara Putus

Sebanyak 105 rumah warga dengan 200 kepala keluarga terendam, menyebabkan kerugian materiil mencapai ratusan juta rupiah. Barang elektronik dan mobil juga ikut terendam karena tidak dapat dievakuasi tepat waktu.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Lahat H Ali Afandi menuturkan bahwa bahwa banjir menyebabkan akses desa terputus dan kendaraan tidak bisa melintas.

"Kerugian ratusan juta rupiah dan putusnya akses jalan desa sehingga tidak dapat dilalui," ujar Ali Afandi.

Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP, bersama dengan pihak terkait seperti TNI/Polri dan BPBD, segera meninjau lokasi banjir dan berupaya melakukan penanganan bencana.

BACA JUGA:Hujan Deras, Warga Kota Prabumulih Kebanjiran, ini Lokasinya

Hingga pagi hari, air mulai surut, dan warga sudah memulai proses pembersihan lumpur yang masuk ke dalam rumah mereka.

Tidak hanya itu, kendala lain muncul akibat ambrolnya Jembatan Ayik Cuhup atau Jalan Perindo di Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan.

Jembatan ini merupakan salah satu akses jalan penting yang menghubungkan beberapa desa seperti Talang Sejemput, Talang Sawah, Kehung, dan Pagun. (SEG)

Sumber: