Info Buat Haji dan Umroh, Kunjungan Raudhah Hanya Bisa Setahun Sekali

Info Buat Haji dan Umroh, Kunjungan Raudhah Hanya Bisa Setahun Sekali

Foto Istimewa --

Info Buat Haji dan Umroh, Kunjungan Raudhah Hanya Bisa Setahun Sekali

OGANILIR.CO-Pemerintah Arab Saudi telah  mengumumkan aturan baru  bagi Jemaah haji dan umroh, bila akan berkunjungan ke Raudhah di Masjid Nabawi.

Raudhah adalah tempat mulia yang dicintai Allah dan akan dipindahkan ke surga. Raudhah sendiri adalah area didalam masjid Nabawi yang terletak di antara rumah Rasulullah SAW dan Mimbar yang beliau gunakan untuk berdakwah.

Nah Rumah Rasulullah SAW ini kini menjadi makam beliau. Lokasi makam Nabi Muhammad SAW tersebut hanya bisa dikunjungi jemaah haji atau umrah sekali dalam satu tahun.

BACA JUGA:Kemenag Buka Pelunasan Bipih Haji Mulai 9 Januari 2024

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan bahwa izin kunjungan ke tempat  berdoa yang mustajab tersebut dikeluarkan setiap 365 hari. 

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga menekankan bahwa izin kunjungan harus diterbitkan secara elektronik melalui aplikasi Nusuk atau Tawakklna, dengan syarat pemohon tidak terinfeksi Covid-19 dan tidak berinteraksi dengan pasien. 

Melansir Gulf News, Minggu 24 Desember 2023, jemaah yang ingin mengunjungi dan berdoa di Raudhah harus mendapatkan izin resmi sebelum kedatangannya. 

BACA JUGA:Kuota Haji Indonesia Bertambah 221 Ribu, JCH Daftar Tunggu Cepat Berangkat

Sebagaimana diketahui, rumah Rasulullah SAW saat ini menjadi makam beliau. Area ini disebut juga sebagai lokasi yang mustajab untuk memanjatkan doa.  

Raudhah menjadi begitu spesial dan sangat diincar oleh kaum muslim dari seluruh dunia lantaran di tempat itulah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu, memimpin sholat berjamaah, sampai melakukan ibadah. 

Dengan Masjid Nabawi terus mengalami pelebaran, Raudhah kini cuma menjadi satu bagian kecil dari keseluruhan area masjid.  

BACA JUGA:Pangkas Masa Tunggu, Pemerintah Berwacana Larang Haji Lebih dari Sekali

Melansir berbagai sumber, luas Raudhah sekitar 330 meter persegi. Area ini memanjang dari arah timur sampai barat sepanjang 22 meter dan dari arah utara ke selatan sepanjang 15 meter. 

Sumber: