4 Khasiat Leunca Bagi Kesehatan Selain Sebagai Bahan Lalapan

4 Khasiat Leunca Bagi Kesehatan Selain Sebagai Bahan Lalapan

Buah Leunca --

4 Khasiat Leunca Bagi Kesehatan Selain Sebagai Bahan Lalapan

oganilir.co - Leunca merupakan salah satu buah yang biasanya orang konsumsi sebagai bahan lalapan.

Tanaman leunca berasal dari Asia Barat dan menyebar cepat ke seluruh penjuru dunia. Hal ini lantaran leunca adalah jenis tanaman yang tetap bisa hidup dalam kondisi sulit.

Leunca (Solanum Nigrum L) merupakan buah yang berbentuk bulat kecil dengan warna hijau atau ungu. Buah yang masuk ke dalam suku terung-terungan ini biasanya memiliki rasa pahit namun segar. Karena itulah leunca biasa dijadikan lalapan.

Selain itu, ternyata leunca memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ada 4 penjelasannya.

BACA JUGA:3 Manfaat Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mendukung Fungsi Pencernaan

1. Menyembuhkan Demam

Solanum terdiri dari fosfor, vitamin A, C dan Vit B, zat besi, kalsium dan zat gizi mikro lainnya. Orang yang menderita panas tubuh bisa makan daun dari leunca hitam yang dimasak untuk menenangkan panas tubuh dan mampu mengatasi demam dengan baik.

2. Meredakan Sakit Punggung

Leunca hitam ternyata cukup bermanfaat untuk meredakan sakit punggung, pegal, nyeri otot, pinggang kaku dan asam urat. Dan juga bagi orang yang menderita rematik, leunca juga bermanfaat untuk menyembuhkan rematik dan segala gejalanya.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Diabetes

3. Membantu Mengatasi Nyeri Tubuh dan Kram Menstruasi

Kram menstruasi dan infeksi perut tidak dapat dihindari, terutama bagi perempuan yang sedang haid. Tapi alih-alih bergantung pada obat penghilang rasa sakit, Moms bisa mengandalkan leunca. 

Sebab, leunca memiliki agen antipiretik, yang paling sering ditemukan pada obat penghilang rasa sakit. Ini akan menargetkan area nyeri dan memberikan bantuan untuk menyembuhkannya. Tanaman ini juga membantu mengatasi sakit lambung.

Sumber: