Diguyur Hujan, Palembang Macet

Diguyur Hujan, Palembang Macet

Banjir yang melanda kawasan flyover Simpang Polda, Rabu 10 Januari 2024 pagi. foto: dendi romi/oganilir.co--

Diguyur Hujan, Palembang Macet

PALEMBANG, oganilir.co - Hujan yang mengguyur Kota Palembang pada Rabu 10 Januari 2024 pukul 02.00-07.30 WIB menyebabkan kemacetan di kota tersebut pada pagi hari.

Penyebabnya, karena banyak warga Palembang mengeluarkan mobil untuk menuju kantor atau mengantar anak sekolah.

Hampir seluruh jalan di Kota Palembang macet. Mulai dari jalan protokol hingga jalan lainnya di kota tersebut.

Pantauan oganilir.co, Rabu 10 Januari 2024, beberapa jalan yang mengalami kemacetan tersebut yakni Jl Jenderal Sudirman, Jl Kolonel H Barlian, Jl Soekarno-Hatta, Jl Parameswara, Jl Demang Lebar Daun, Jl Basuki Rahmat, jalan lainnya di Palemnbang.

BACA JUGA:Jalintim Palembang-Betung Macet, Kapolres Banyuasin Turun Tangan

Di Jl Parameswara, kemacetan terjadi mulai dari Simpang Empat Jl Macan Lindungan hingga ke Lampu Merah Simpang Jl Ogan atau Lingkaran. Kendaraan yang melaju dari arah Jl Soekarno-Hatta menuju Simpang Empat Jl Macan Lindungan harus berjalan merayap hingga Simpang Empat Lampu Merah Simpang Jl Ogan.

Bagi warga yang tinggal di Km 10,5 ingin menuju Jl Merdeka kawasan Kambang Iwak melalui Jl Soekarno-Hatta yang biasa ditempuh dalam waktu 28 menit, harus ditempuh dalam waktu 50 menit karena macet panjang.

Kemacetan juga terjadi di Jl Demang Lebar Daun, mulai dari depan RSI Siti Khadijah hingga flyover Simpang Polda Sumsel. Kendaraan harus berjalan merayap. Hilir mudik kendaraan yang akan keluar dari kawasan Pakjo di Simpang Pakjo menambah panjang kemacetan.

BACA JUGA:Beras Bulog Tumpah, Jl Kolonel H Barlian Palembang Macet Panjang

Kemacetan di kawasan flyover Simpang Polda semakin parah karena adanya banjir di tikungan Jl Demang Lebar Daun menuju Jl Jenderal Sudirman arah Km 5 samping kolam retensi. Pengemudi kendaraan roda dua dan empat harus mengurangi kecepatan karena takut terperosok di jalan yang tergenang air. Ketinggian air yang menggenangi jalan di samping kolam retensi flyover Simpang Polda ini mencapai 30 cm. 

Beberapa kendaraan roda dua banyak yang mogok karena busi atau knalpot kemasukan air. 

Melubernya air di kolam retensi sampai ke jalan dimanfaatkan oleh anak-anak warga sekitar untuk berenang dan bermain air. Mereka tidak terlihat takut berenang di kawasan kolam retensi.

Sementara itu, Satgas Banjir Dinas PUPR Palembang terlihat sibuk memompa air di kawasan flyover Simpang Polda dan mengalirkannya ke kolam retensi. 

Sumber: