5 Perguruan Tinggi di Dunia ini Ramah Bagi Kaum Disabilitas, 2 dari Indonesia

5 Perguruan Tinggi di Dunia ini Ramah Bagi Kaum Disabilitas, 2 dari Indonesia

Ilustrasi.--

5 Perguruan Tinggi di Dunia ini Ramah Bagi Kaum Disabilitas, 2 dari Indonesia

oganilir.co - Tak hanya angkutan massal atau kantor pelayanan publik dunia yang menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas. Perguruan tinggi pun diwajibkan menyediakan fasilitas bagi kaum difabel yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Saat ini ada 125 perguruan tinggi atau universitas dari berbagai penjuru dunia yang bersaing ketat dalam pemeringkatan universitas ramah disabilitas. Dari sekian banyaknya, berikut adalah lima universitas yang membanggakan diri sebagai yang terbaik dalam mendukung pendidikan inklusif.

1. Open University, UK

Open University, sebuah institusi pembelajaran jarak jauh yang memiliki kehadiran global, berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar universitas ramah disabilitas.

BACA JUGA:Unsri Berikan Insentif Mahasiswa Berprestasi

Dengan skor mencengangkan 90,94, Open University di United Kingdom menjadi teladan dalam menyediakan fasilitas dan lingkungan belajar yang mendukung untuk siswa-siswa disabilitas. Keberhasilan Open University membuktikan bahwa akses pendidikan tinggi harus menjadi hak setiap individu, tanpa terkecuali.

2. University of Alicante, Spanyol

University of Alicante, yang terletak di Spanyol, menempati posisi kedua dalam daftar universitas ramah disabilitas ini dengan skor 90,28.

Universitas ini menegaskan prinsip kesetaraan dan aksesibilitas universal, menciptakan lingkungan belajar yang memfasilitasi perkembangan potensi setiap siswa, tanpa memandang latar belakang atau kondisi kesehatan mereka.

BACA JUGA:2 Wakil Dekan FT Unsri Dilantik, ini Nama-Namanya

3. Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menunjukkan bahwa keunggulan tidak hanya dapat diraih dalam skala nasional, tetapi juga internasional.

Dengan skor 89,56, Unesa menduduki peringkat ketiga secara global dan meraih posisi pertama di tingkat nasional. Prestasi ini menegaskan komitmen Unesa untuk menyediakan pendidikan tinggi yang inklusif dan ramah bagi semua, menciptakan peluang yang setara bagi setiap siswa, termasuk mereka yang memiliki disabilitas.

Sumber: