Banjir Besar di Muratara, Warga Tangkap Ular Sanca

Banjir Besar di Muratara, Warga Tangkap Ular Sanca

Ular sanca yang ditemukan warga Desa Karang Dapo, Muratara. foto: istimewa--

Banjir Besar di Muratara, Warga Tangkap Ular Sanca

MURATARA, oganilir.co - Warga Kelurahan/Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara, Sumsel diminta selalu waspada saat menghadapi bencana banjir. Pasalnya, banyak hewan predator yang berkeliaran ikut terseret arus dan bisa membahayakan keseamatan warga.

Jum, warga Kecamatan Karang Dapo mengungkapkan bahwa warga Karang Dapo sempat menangkap seekor ular sanca kembang dengan ukuran cukup besar sekitar 2 meter.

"Ularnya bukan hanyut, tapi sudah makan ayam dua ekor dan langsung ditangkap warga," kata Jum saat dihubungi, Selasa 16 Januari 2024. Menurutnya, kemungkinan ular sanca itu hewan yang keluar akibat terdampak banjir sehingga lari ke arah permukiman.  Namun warga mengaku, saat banjir besar terjadi memang sering terjadi kemunculan hewan hewan buas seperti ular maupun hewan lainnya.

BACA JUGA:Banjir di Musi Rawas Utara, Kapolda Sumsel Kirimkan Tim SAR

Sementara itu, Camat Karang Dapo Ahmad Bastarie membenarkan adanya penangkapan hewas liar jenis ular tersebut di wilayahnya. "Itu ditangkap warga karena banjir hewan seperti itu memang sering muncul," ujar Bastarie.

Saat ini ada sejumlah desa yang cukup parah terendam banjir di Kecamatan Katang Dapo. Seperti Desa Karang Dapo, Kelurahan Karang dapo, Biaro Baru, dan Desa Aringin. Untuk kedalaman sekitar 2-3 meter, karena permukiman itu berada di tepi aliran Sungai Rawas.

"Airnya saat ini lambat surut, dari kemarin banjir hanyat surut 10 cm. Kita minta warga harus tetap waspada, kalau keluar jangan sendirian minimal harus ada teman," ucapnya.

Dia mengaku, aliran listrik di permukiman warga masih dipadamkan. Karena ditakutkan banyak instalasi listrik warga yang terendam banjir. "Kita minta selalu waspada, baik dari hewan liar, aliran listrik maupun anak-anak jangan sampai lengah dalam pengawasan anak," tutupnya.

       

Sumber: