Bersihkan Toren Air dengan 4 Bahan di Sekitar Kita

Bersihkan Toren Air dengan 4 Bahan di Sekitar Kita

Toren air.--

Bersihkan Toren Air dengan 4 Bahan di Sekitar Kita

oganilir.co - Toren sering digunakan oleh masyarakat untuk mengalirkan air ke bak mandi atau shower saat mandi. Biasanya toren diletakkan pada bagian atas rumah atau tower yang sengaja dibangun sebagai tempat meletakkan toren atau tandon air.

Keberadaan toren air di rumah membuat penghuninya nyaman. Terlebih setiap hari toren tersebut diisi menggunakan air pam atau sumur bor yang dialirkan. 

Karena selalu diisi air dan terlindung dari sinar matahari, sering toren air atau masyatakat Sumsel menyebutnya tedmon bagian dalamnya berlumut. Membersihkan toren air harus dilakukan oleh pemilik rumah untuk mencegah terjadinya penyumbatan.

BACA JUGA:3 Khasiat Minum Air Rebusan Daun Salam dan Jahe, Wanita Pasti Suka

Membersihkan lumut pada toren air butuh tenaga ekstra. Sebab, seseorang harus masuk ke dalam toren hingga menyikat semua bagiannya.

Cara Membersihkan Lumut di toren air

Lumut adalah musuh segala tempat termasuk tandon air atau toren. Tempat plastik yang dihuni air dalam waktu lama, sudah barang pasti akan berlumut.

Lumut dikenal sebagai kelompok tumbuhan kecil-kecil yang termasuk ke dalam kelompok Bryophytina. Karena sifat selnya yang menyerap air, lumut selalu tumbuh di tempat-tempat lembab yang memiliki kandungan air.

BACA JUGA:Cuaca Buruk, Lion Air Gagal Mendarat di Bandara SIM

Untuk membersihkan tandon atau toren air dari lumut, Anda bisa memilih satu dari empat langkah berikut:

1. Gunakan sabun pencuci piring dan air panas

Buang dulu air yang ada di dalam toren. Lalu buka penutupnya agar seluruh air bisa terbuang tuntas. Gunakan spons kasar untuk menyikat tandon air.

Kemudian sikat dengan bersih dinding bagian dalam tandon dengan menggunakan sabun pencuci piring. Jika bisa masuk ke dalamnya, maka masuklah ke dalamnya untuk bisa menyikat dengan maksimal.

Sumber: