374 Mahasiswa FKIP Unsri Ikuti Orientasi PPG

374 Mahasiswa FKIP Unsri Ikuti Orientasi PPG

Taufiq Marwa memasangkan jaket peserta Orientasi PPG FKIP Unsri, Jumat 19 Januari 2024. foto: humas unsri--

374 Mahasiswa FKIP Unsri Ikuti Orientasi PPG

PALEMBANG, oganilir.co - Sebanyak 374 mahasiswa dari empat bidang studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya (Unsri) mengikuti Orientasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) gelombang I di Aula FKIP Unsri Km 5 Palembang, Jumat 19 Januari 2024.

Mereka berasal dari empat bidang studi. Yaitu Bimbingan dan Konseling sebanyak 16 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 311 mahasiswa, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 31 mahasiswa, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) sebanyak 16 mahasiswa.

Orientasi dibuka oleh Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi. Dalam sambutannya sekaligus memberikan kuliah umum, Taufiq Marwa menyampaikan ucapan selamat kepada 374 mahasiswa peserta PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2024.

BACA JUGA:SMAN 1 Timpeh Dharmasraya Kunjungi Unsri, Ubah Mindset Siswa Tentang Dunia Kampus

"Tidak banyak yang perlu saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini, karena saya yakin para peserta PPG Ini sudah sangat-sangat siap untuk segera mengikuti kegiatan Pendidikan Profresi Guru Prajabatan Gelombang I Tahun 2024, karena sebelum ikut kegiatan ini semuanya sudah mengalami pendidikan S1 atau D4 nya, jadi sebenarnya pengenalan kampus dan kegiatan-kegiatan apa saja dari kampus saya yakin saudara -saudara sekalian sudah sangat paham," kata Taufiq Marwa.

Taufiq Marwa berpesan agar peserta mengikuti kegiatan PPG dengan sungguh-sungguh, karena menurutnya pendidikan profesi guru memerlukan keprofesionalan yang baik dan menjadi seorang guru tidak hanya dituntut kemampuan keilmuannya saja tetapi juga bisa menjadi contoh tauladan bagi para muridnya. 

"Para guru atau para calon guru harus mempersiapkan itu, oleh karena itu pemerintah memfasilitasi untuk kegiatan profesi guru, karena memang sangat penting membekali para guru dan calon guru dengan profesionalitasnya. Kegiatan ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi para guru dan calon guru.

BACA JUGA:Unsri Berikan Insentif Mahasiswa Berprestasi

Selain kompetensi keilmuan guru itu harus bisa dari awalnya mempersiapkan dan merencanakan untuk proses pembelajaran dan proses pendidikan, melaksanakannya kemudian bisa dengan baik melakukan evaluasi, ini yang diharapkan. Ini yang akan dibekali di dalam proses pendidikan profesi guru. Tadi disampaikan Bapak Dekan Kegiatan ini nantinya akan dimulai dengan proses perkuliahan dan juga akan ada praktek-praktek, kepemimpinan, karena guru sekaligus harus mempunyai pola kepemimpinan yang baik, paling tidak dia memimpin proses pembelajaran, memimpin di dalam melakukan pendidikan kepada anak-anak peserta didik," jelas Taufiq Marwa.

Sementara itu, Dekan Fakultas FKIP Unsri Dr Hartono MA mengatakan untuk PPG Prajabatan saat ini ada 3 gelombang, Gelombang I Tahun 2023, gelombang II Tahun 2023, dan Gelombang I Tahun 2024 dengan total kurang lebih 1000 orang. Sedangkan mahasiswa PPG dalam jabatan juga ada tiga gelombang di Tahun 2023, yang kurang lebih jumlahnya juga 1.000 orang, sehingga totalnya dari Tahun 2023 sampai Januari Tahun 2024 ada sekitar 2000 mahasiswa PPG dalam jabatan dan prajabatan.

BACA JUGA:Resmikan 3 Laboratorium FP, Rektor Unsri Tekankan Masalah Keamanan

"Dengan kegiatan orientasi PPG Ini mudah-mudahan kegiatan selama perkuliahan PPG Universitas Sriwijaya selalu diberkahi Allah SWT, selalu diberikan kesuksesan dan keselamatan sampai akhir program ini dan sukses masuk menjadi guru profesional pada saatnya nnti. Jadi saudara bersyukur kalian semua dapat beasiswa jadi harus bertanggung jawab dengan beasiswa itu, dalam hal ini tanggung jawabnya serius dalam mengikuti program ini, dan sukses, jangan ada yang sampai putus studi, itu salah satu bentuk tanggung jawab. Karena uang beasiswa yang saudara nikmati ini merupakan uang rakyat dan pada saat nya nanti saudara juga mengabdi kepada rakyat  mengajar sebagai guru profesional.

Pemerintah menunggu tangan-tangan terampil saudara, buah pikiran saudara nanti membentuk manusia indonesia yang unggul, pada saatnya nanti 2024 Indonesia unggul siswa saudara nanti sudah jadi orang-orang hebat semua. Jadi tenaga terampil bisa bersaing ditingkat nasional dan internasional. Semua melalui tangan tangan guru. Saya juga berterima kasih kepada semua pengelola di FKIP Unsri yang sudah mensukseskan program pemerintah dan juga kepada dosen dan guru pamong, semua berkontribusi untuk menjadikan guru profesional yang diharapkan membangun pendidikan di Indonesia yang dapat bersaing secara nasional dan internasional," pungkasnya. (ril)

Sumber: