Pemkab Banyuasin Punya Desk Pemilu, Hitung Data Real Pemilu

Pemkab Banyuasin Punya Desk Pemilu, Hitung Data Real Pemilu

Pemkab Banyuasin.--

Pemkab Banyuasin Punya Desk Pemilu, Hitung Data Real Pemilu

BANYUASIN, oganilir.co - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin akan membentuk desk pemilihan umum (pemilu).

"Pemkab Banyuasin akan bentuk desk pemilu atau hitung cepat yang berlangsung pada 14 Februari mendatang," kata Erwin Ibrahim, Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuasin. 

Pembentukan desk pemilu ini sendiri yaitu sebagai upaya deteksi dini segala kemungkinan maupun gejolak yang terjadi pasca pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

"Seperti ada gejolak dari hasil suara pemilu. Oleh karena itu dengan adanya desk pemilu ini, kita akan memiliki data real yang terpercaya," ujarnya.

BACA JUGA:Pemerintah Banyuasin Datangkan Mini Excavator Amphibi untuk Atasi Banjir

Artinya data yang dipegang Pemkab Banyuasin sendiri langsung di kirim oleh pegawai Pemkab Banyuasin yang telah memiliki mandat tugas. "Mereka (operator kecamatan) bertugas mencatat, mendata dan mengirimkan hasil TPS itu melalui WA ke camat dan diteruskan ke database pemkab, " tukasnya. 

Nantinya petugas atau operator sendiri mendapatkan honor dan juga uang internet untuk mempermudah tugas saat di lapangan. 

Pada intinya pembentukan desk pemilu, Pemkab Banyuasin bertugas memantau maupun mengawal langsung pelaksanaan Pemilu agar lancar pasca Pemilihan Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Banyuasin.

Tapi perlu dicatat, kalau pembentukan desk pemilu Pemkab ini bukan sebagai data saingan dari KPU, melainkan hasilnya nanti untuk konsumsi internal pemerintah.

BACA JUGA:4 Warga Banyuasin Meninggal Karena DBD, Dinkes Canangkan Gerakan Serentak

"Ini untuk kebutuhan kita saja, melibatkan internal pemerintah. Untuk jadi acuan penghitungan resmi yaitu dari KPU," tegasnya. Kemudian desk pemilu ini juga akan dilanjutkan untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) mendatang. "Akan dilanjutkan juga sampai pilkada," pungkasnya.

Diketahui, Kabupaten Banyuasin jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 tercatat sebanyak 625.988 dengan rincian mata pilih perempuan 307.094 dan laki laki 318.894 yang berasal dari 21 kecamatan dan 313 desa/kelurahan, kemudian jumlah TPS 2549.

Sumber: