Hartono Bersaudara Masih Digjaya Orang Terkaya Indonesia

Hartono Bersaudara Masih Digjaya Orang Terkaya Indonesia

Budi dan Michael Hartono.--

Hartono Bersaudara Masih Digjaya Orang Terkaya Indonesia

oganilir.co - Nama-nama sepuluh orang kaya Indonesia yang dirilis majalah ekonomi Forbes hampir tidak banyak berubah.  

Pada 6 Desember 2023 lalu, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Dari rilis tersebut terdapat 10 orang terkaya di Tanah Air. Hartono bersaudara masih tercatat sebagai crazy rich yang belum terkalahkan dengan total aset yang dimiliki Rp756,144 Triliun.

Berikuti nama 10 orang terkaya di Indonesia beserta besar nilai kekayaan dan bisnis yang dikembangkan.

1. R. Budi & Michael Hartono

Tidak asing lagi dengan dua bersaudara, Budi dan Michael Hartono. Pengusaha asal Kudus itu memiliki dengan total kekayaan senilai USD 48 miliar atau setara dengan Rp756,144 triliun.

BACA JUGA:Hobi Tenis Meja, Pengusaha Palembang Bangun GOR Pingpong Standar Internasional

Sebagian besar kekayaan berasal dari investasi di Bank Central Asia (BCA). Keluarga Hartono membeli saham BCA setelah keluarga Salim kehilangan kendali BCA selama krisis ekonomi Asia pada 1997–1998.

Keluarga Hartono mempunyai akar kekayaan berasal dari rokok Djarum yang dimulai oleh ayah mereka. Kini bisnis itu dijalankan oleh putra Budi Hartono, Victor Hartono.

Kekayaan lainnya, merek elektronik terkenal Polytron dan real estat utama di Jakarta. Rudi dan Budi Hartono juga mendaftarkan Global Digital Niaga yang merupakan induk dari Blibi yang mengumpulkan dana sebesar Rp8 triliun.

2. Prajogo Pangestu

Baru-baru ini viral Prajogo Pangestu juga merupakan pengusaha asal Jakarta, Indonesia dengan kekayaan USD 43,7 miliar atau setara Rp688,406 triliun. Sumber kekayaan dari Prajogo Pangestu berasal dari petrokimia dan energi.

BACA JUGA:Liburan di Malaysia, Istri Pengusaha Medan Diculik

Prajogo Pangestu adalah putra dari pedagang karet dan memulai bisnis perkayuan pada 1970. Perusahaannya, Barito Pacific go public pada 1993. Pada 2007, Barito Pacific mengakuisisi 70 persen perusahaan Petrokimia Chandra Asri yang merupakan produsen Petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

Sumber: