PP PBSI Menguji Juara Dunia Junior, Jadi Wakil Indonesia Satu-Satunya di German Open 2024

PP PBSI Menguji Juara Dunia Junior, Jadi Wakil Indonesia Satu-Satunya di German Open 2024

Alwi Farhan. foto: PBSI--

PP PBSI Menguji Juara Dunia Junior, Jadi Wakil Indonesia Satu-Satunya di German Open 2024

JAKARTA, oganilir.co - Pebulutangkis junior yang baru menapaki karier di Pelatnas, Alwi Farhan diuji oleh PP PBSI. Dia menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam German Open 2024 yang dilaksanakan di Mulheim pada 27 Februari-3 Maret.

Hanya saja, pebulutangkis berusia 19 tahun itu tidak langsung ke babak utama. Alwi harus menjalani babak kualifikasi.

Tak salah kalau PBSI mengujinya. Sebelumnya, di level junior, status Alwi sangat mentereng. Juara dunia 2023. Satu capaian yang belum pernah diraih oleh satu pun pebulutangkis Indonesia, termasuk sang peraih emas Olimpiade 2004 Taufik Hidayat maupun Sony Dwi Kuncoro yang sudah tiga kali menjadi juara Asia di level senior.

Bahkan, Anthony Ginting dan Jonatan Christie, dua andalan tunggal putra Indonesia sekarang, tak bisa melakukan yang diraih Alwi.

BACA JUGA:Indonesia Tempatkan 7 Wakil di Perempat Final Thailand Masters 2024, ini Jadwalnya

Tapi saat memasuki event senior, khususnya di ajang Super 100 ke atas, seorang Alwi Farhan tak meninggalkan bekas prestasi. Dia lebih banyak memetik kegagalan.

Apalagi di 2024, bocah Solo kelahiran 12 Mei 2005 tersebut memulai dengan kurang bagus. Alwi langsung tersingkir di babak pertama Thailand Masters 2024. Dia dikalahkan pebulu tangkis Belanda Mark Caljouw dengan dua game langsung 15-21, 14-21. Secara usia, Alwi jauh lebih muda. Lawannya merupakan atlet yang sudah berusia 29 tahun. Padahal, Alwi sudah digadang-gadang bakal menembus persaingan papan atas tunggal putra.

Sepanjang 2023, Alwi juga hanya meraih dua gelar. Selain juara dunia junior, satu gelar lagi diraihnya di turnamen kelas challenge atau level turnamen yang masuk grade 3 atau grade paling rendah di kalender BWF atau Federasi Bulutangkis Dunia, yakni Indonesia International di Medan, Sumatera Utara.

BACA JUGA:Ini Jadwal 3 Wakil Indonesia di Semifinal Thailand Masters 2024

Pada final yang dilaksanakan September 2023 itu, Alwi menang 21-15, 21-10 atas pebulutangkis Sri Lanka Viren Nettasinghe. Selebihnya ketika tampil dalam turnamen grade 2, Alwi gagal menjadi juara. Undian German Open 2024 akan dilaksanakan Selasa 6 Februari 2024 di markas BWF di Kuala Lumpur. 

Sumber: