Jelang Pemilu, Debit Sungai Rawas Meningkat

Jelang Pemilu, Debit Sungai Rawas Meningkat

Debit Sungai Rawas meningkat menjelang pemilu 2024, Ahad 11 Februari 2024. Foto: zulkarnain SEG--

Jelang Pemilu, Debit Sungai Rawas Meningkat

MURATARA, oganilir.co - Menjelang pemilihan umum serentak 2024, air Sungai Rawas di Kabupaten Muratara, Provinsi Sumsel kembali meningkat lagi.

Sejumlah warga di empat wilayah Kecamatan, Rawas Ulu, Rupit, Karang Dapo, Rawas Ilir diminta selalu siaga.

Tiga hari menjelang pemilihan umum, debit aliran Sungai Rawas kembali meningkat. Ahad 11 Februari 2024 sekitar pukul 10.00 WIB, sejumlah wilayah di Kabupaten Muratara mulai terpantau kembali digenangi banjir luapan.

Hujan deras selama satu malam di wilayah Kabupaten Muratara, bakal kembali membawa kabar bencana. Pasalnya, banjir luapan dari wilayah uluan Kabupaten Muratara sudah mulai kembali menghantui masyarakat di sejumlah wilayah.

BACA JUGA:Sekolah Kebanjiran, Sekolah Lakukan Proses Belajar Mengajar Secara Daring

Rahman, warga Rawas Ulu, mengungkapkan saat ini air dari daetah uluan Sungai Rawas sudah mulai turun ke wilayah Rawas Ulu. "Posisi sekarang air baru sampai ke Rawas ulu, memang sungai rawas sedang naik sekarang. Untuk bagian rumah yang rendah air sudah mulai masuk ke permukiman," ungkapnya.

Namun dari informasi yang dia dapat, di ulu aliran Sungai Rawas yakni di Kecamatan Ulu Rawas, volume sungai yang sempat naik saat ini mulai menyusut.

"Jangan bae hujan lagi di hulu, kalau hujan kami bakal tenggelam lagi," ungkapnya.

Warga mengaku, jika baru baru ini banjir besar terjadi di wilayah Muratara dan menenggelamkan 6 wilayah kacamatan. Untuk ketinggian banjir sendiri cukup bervariasi, namun ketinggian banjir rata rata sampai menenggelamkan atap rumah.

BACA JUGA:Pasca Banjir, Banyak Akses Publik di Muratara Alami Kerusakan

Situasi itu membuat sekitar 23 ribu jiwa harus mengungsi di sepanjang Jalinsum Muratara dan banjir sempat bertahan selama satu minggu lebih.

Camat Rawas Ulu, Darmawan mengkonfirmasi jika saat ini volume aliran Sungai Rawas di bagian Ulu Rawas sudah mulai ngilir. Dia menhimbau agar masyarakat di ilir aliran sungai, seperti Rawas Ulu, Rupit, Karang Dapo, Rawas Ilir untuk tetap waspada.

"Untuk wilayah Ulu Rawas airnya sudah menyusut dan sekarang bergerak ke hilir. Untuk warga di hilir kami minta tetap waspada dan selalu siaga," tegasnya.

Sumber: