Pasca Ultimatum Kapolda Muratara, Pleno PPK Muratara Mendadak Sepi Antusias Warga

Pasca Ultimatum Kapolda Muratara, Pleno PPK Muratara Mendadak Sepi Antusias Warga

foto : Zul/SEG--

Pasca Ultimatum Kapolda Sumsel, Pleno PPK Muratara Mendadak Sepi Antusias Warga

MURATARA, oganilir.co - Pasca ultimatum Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Widodo, pelaksanaan pleno tingkat PPK di Kabupaten Muratara, sepi dari antusias masyarakat.

Selasa 20 Februari 2024 sekitar pukul 14.00 WIB, sejumlah tahapan pleno tingkat PPK di Kabupaten Muratara, berjalan lancar tanpa dihadiri masa simpatisan Caleg seperti hari hari sebelumnya.

Informasi dihimpun, pelaksanaan pleno tingkat PPK di 7 wilayah Kecamatan Kabupaten Muratara, nampak sepi dari hari hari sebelumnya. Biasanya banyak masa dengan jumlah puluhan hingga ratusan yang antusias memantau dan mengikuti tahapan penghitungan.

Pleno kali ini justru lebih sepi dan hanya terpantau sejumlah personil kepolisian yang mengawal petugas PPK dan saksi yang melakukan penghitungan surat suara.

BACA JUGA:Jalinsum Muratara Diblokir, Kapolda Sumsel Langsung Turun Tangan

Sebelumnya Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmat Widodo, sudah melakukan rapat interal dengan sejumlah pihak di kantor Bupati di Pemda Muratara, termasuk dengan sejumlah tokoh politik dan para Caleg yang ikut dalan kompetisi Pemilu, Senin (19/2).

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumsel memberikan ultimatum, terhadap para peserta calon legislatif di kabupaten Muratara. Mereka diminta menyepakati kesepakatan, tidak ada yang menurunkan massa.

"Karena masa tidak bisa merubah pendirian atau sikap Bawaslu karena mereka sudah diatur oleh undang-undang. Tidak bisa memaksa membuka kotak menghitung ulang. Harus mengikuti proses," ujarnya.

Kapolda meminta, seluruh peserta Pemilu paham bila ada perkara, tentunya harus ada syarat sarat formil dan materil yang mesti dipenuhi untuk diajukan dalam perkara keberatan oleh peserta Pemilu.

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Tinjau Tim Yankes Terpadu, Kita Jaga Kesehatan Petugas PPK

Irjen Pol A Rachmad Widodo juga memastikan tidak akan ada lagi aksi aksi yang melibatkan masa dalam tahapan Pemilu, di Kabupaten Muratara."Insyaallah tidak akan ada lagi, (masa memortal jalinsum)," tegasnya.

Terpisah, ketua komisioner KPUD Muratara, Heriyanto saat dibincangi di kantor KPUD Muratara menuturkan, jika tahapan pleno tongkat PPK di Kabupaten Muratara masih terus berlangsung.

Pihaknya membenarkan, jika tahapan itu saat ini terpantau lebih lancar dari hari sebelumnya. "Insyallah Nanti malam untuk PPK di Ulu rawas sudah rampung dan malam nanti jika tidak ada hambatan. Kotak suara ditarik dari PPK Ulu Rawas ke KPUD Muratara," ungkapnya.

Sumber: