Pemkab Banyuasin Sosialisasikan Gemarikan

Pemkab Banyuasin Sosialisasikan Gemarikan

Sosialisasi Gemarikan Pemkab Banyuasin, Rabu 6 Maret 2024.--

Pemkab Banyuasin Sosialisasikan Gemarikan

BANYUASIN, oganilir.co - Penjabat Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH diwakili oleh Sekretaris Daerah Banyuasin Ir Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA IPU ASEAN ENG membuka Festival Pempek dan Lomba Masak Serba Ikan dalam rangka (Gemarikan) Gerakan Makan Ikan Tahun 2024 di Graha Sedulang Setudung, Rabu 6 Maret 2024.

Dalam kata sambutannya Penjabat Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH diwakili oleh Sekretaris Daerah Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA IPU ASEAN ENG mengatakan kegiatan ini sangat positif sekali. Karena bertujuan untuk mengkampanye akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini, apalagi banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan.

Sebagai contoh, salah satu sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin.

"Ikan juga sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh," kata Erwin didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banyuasin Septifitri MM.

BACA JUGA:Pak Pj Bupati, Honorer Pemkab Banyuasin 2 Bulan Belum Gajian

Diakuinya Gemarikan (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan), juga meningkatkan konsumsi ikan dan juga tingkatkan kesejahteraan pelaku usaha pengelolahan ikan yang ada. Terlebih lagi, topografi Sumsel khususnya di Banyuasin tentunya tidak payah dalam mencari ikan serta membudidayakan ikan.

Kemudian ikan akan diolah dengan cara bemacam, sehingga olahan ikan menariknya. Nanti paket olahan ini di kemas diversifikasi olahan seperti bakso dan lain-lain.

"Tidak menimbulkan kejenuhan setiap kali makan ikan," terangnya.

BACA JUGA:Pemkab Banyuasin Gencar Promosikan Taman Nasional Sembilang

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin Hj Maria Ivone Triana Rustam juga mengatakan kalau TP PKK Kabupaten Banyuasin sangat mendukung giat tersebut, karena dapat mencegah angka stunting dan lain sebagainya.

"Kita pasti dukung," ujarnya.

Sumber: