Motivasi Anak untuk Berpuasa, 8 Tips Berikut Wajib Diketahui Ortu

Motivasi Anak untuk Berpuasa, 8 Tips Berikut Wajib Diketahui Ortu

Ilustrasi.--

Motivasi Anak untuk Berpuasa, 8 Tips Berikut Wajib Diketahui Ortu

oganilir.co - Setiap Bulan Ramadan, orang tua pasti akan mengajarkan anaknya untuk berpuasa atau melaksanakan ibadah puasa. Tidak jarang, anak balita sudah diajarkan untuk berpuasa oleh orang tuanya. Apakah itu berpuasa setengah hari atau sehari penuh seperti orang dewasa.

Melaksanakan puasa bagi anak-anak tidak diwajibkan. Namun bagi kita sebagai orang tua sebaiknya mengajarkan anak-anak untuk berpuasa. Sebagai orang tua, kita harus memberikan motivasi bagi anak untuk melaksanakan ibadah puasa

Berikut 8 Tips Agar Anak Semangat Menjalani Puasa:

1. Menjadi Panutan Terbaik Bagi Anak

Orang tua adalah contoh terbaik versi anak dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Selama berpuasa, sebagai orang dewasa patut memberikan contoh dalam menjalani ibadah puasa. Mulai dari sahur, berbuka saat adzan maghrib, dan ibadah salat sunnah.

BACA JUGA:Awal Puasa Beda, Menag Himbau Jaga Toleransi

2. Memberikan Apresiasi

Anak-anak sangat senang bila setiap hal yang telah dilakukan mendapatkan apresiasi dari orang tuanya. Pemberian apresiasi juga dapat dilakukan setelah anak berhasil menjalankan ibadah puasa. Cara ini sangat efektif untuk memberikan motivasi kepada anak agar mampu melaksanakan ibadah puasa. Bentuk apresiasi yang diberikan dapat berupa hadiah yang diinginkan atau mengajak anak jalan-jalan.

3. Mengisi Waktu Ibadah Puasa dengan Kegiatan Menyenangkan

Cara ini berguna untuk mengalihkan perasaan lapar dan haus pada anak. Anda dapat melakukan beberapa kegiatan bersama anak, seperti menonton, bermain, atau belajar. Hindari aktivitas yang membuatnya lelah dan berkeringat, karena dapat meningkatkan dehidrasi.

4. Mengenalkan Konsep Sahur dan Buka Puasa

BACA JUGA:4 Amalan di Bulan Rajab yang Bernilai Pahala Besar, Selain Berpuasa

Alangkah baiknya sebagai panutan bagi anak, mampu memberikan pemahaman mengenai konsep sahur dan buka puasa. Dengan mengajarkan anak niat puasa dan doa ketika berbuka.agar mereka mengerti konsep menjalankan ibadah puasa.

Sumber: