2 Mantan Kepala Daerah ini Digadang Jadi Pendamping Herman Deru, Siapa Mereka?

2 Mantan Kepala Daerah ini Digadang Jadi Pendamping Herman Deru, Siapa Mereka?

Gubernur Sumsel Herman Deru menghadiri PWI di Kota Lubuklinggau pada Agustus 2023. foto: dendi romi/oganilir.co--

2 Mantan Kepala Daerah ini Digadang Jadi Pendamping Herman Deru, Siapa Mereka?

PALEMBANG, oganilir.co - Mantan Wakil Gubernur H Mawardi Yahya dan mantan Wali Kota Palembang H Harnojoyo (MAHAR) telah melakukan deklarasi pribadi untuk maju sebagai pasangan gubernur-wakil gubernur Sumsel periode 2024-2029.

Mantan Gubernur Sumsel H Herman Deru sampai saat ini belum menentukan siapa yang akan menjadi pasangannya maju sebagai gubernur-wakil gubernur Sumsel. 

Siapa yang akan menjadi pasangan Herman Deru pada pilgub November mendatang dibahas dalam buka puasa bersama sekaligus ngobrol tentang road map pilkada Sumsel di café roda, Selasa 19 Maret 2024. Narasumber dalam kongkow itu, ada Sekretaris Nasdem Sumsel Dr Ir Syamsul Bahri MM, pengamat politik Bagindo Togar dan mantan Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad.

BACA JUGA:Tak Ingin Ada Korban Lagi, Herman Deru Imbau PT KAI Aktifkan Kereta Api Mahasiswa

Ada dua sosok yang berpotensi mendampingi HD dalam pilgub mendatang. Yakni Joncik Muhammad (mantan Bupati Empat Lawang) dan SN Prana Putra Sohe (Mantan Wali Kota Lubuklinggau). 

Sekretaris DPW Partai NasDem Sumsel Dr Ir H Syamsul Bahri MM mengatakan, jika dirinya secara pribadi mendukung pasangan Joncik Muhammad dengan HD. “Pribadi saya sangat mendukung. Saya tahu seperti apa Joncik Muhammad. Sangat ideal bila memang maju bersama Herman Deru,” kata Syamsul Bahri.

Sejauh ini yang menentukan pilihan dengan siapa Herman Deru, berpasangan tentu harus melalui survei terlebih dahulu.  NasDem sendiri melakukan survei bekerja sama dengan salah satu Lembaga survei nasional yakni Charta Politika. Hasilnya nanti, akan diberikan kepada DPP NasDem.

Dan sejauh ini ada dua tokoh daerah juga yang sudah mendekati Herman Deru.  “Siapa nanti yang bakal terpilih untuk bersanding dengan HD itu adalah hak prerogatif dari ketua DPP. Termasuk juga untuk calon gubernur siapa yang akan dipilih merupakan prerogatif dari Partai NasDem,” jelasnya.

BACA JUGA:Herman Deru Maju Kembali di Pilkada 2024, Ridho Yahya : Keinginan Masyarakat Kita Tidak Tahu

Yang jelas calon tersebut harus sesuai dengan kriteria yang diinginkan partai. “Mereka harus cakap dalam strategi pembangunan, strategi kepemimpinan serta strategi SDM. “Untuk saat ini memang kita berharap rekapitulasi lebih cepat berjalan,” ulasnya. 

Menyinggung mengenai peta kemenangan NasDem, selain Kabupaten Musi Rawas, OKI dan Ogan Ilir (OI). Sedangkan  untuk DPR RI, DPW NasDem, hanya mampu memenuhi 2 dari 4 kursi yang menjadi target mereka. Dari kacamata Syamsul, ada tiga nama yang bakal maju nantinya. “Ada kemungkinan tiga pasangan calon. Yakni HD-JM, MW-Harno serta HA dan Popo Ali. Itu prediksi saya pribadi,” ungkapnya. 

Terpisah, Joncik Muhammad, mengatakan sangat puas terhadap hasil yang diperoleh PAN. Terutama untuk wilayah Sumsel 2. Dimana PAN untuk tingkat kota dan kabupaten se-Sumsel PAN berhasil merebut 53 kursi menjadi 72 kursi. Sedangkan untuk tingkat provinsi dari 5 menjadi 6. Sedangkan untuk tingkat DPR RI PAN harus kehilangan 1 kursi di Sumsel 1. Joncik juga mengatakan dirinya siap untuk berpasangan dengan HD.

BACA JUGA:Herman Deru Pastikan Maju Lagi di Pilkada 2024, ini Nama Pasangannya

Sumber: