Sukses Keliling Indonesia, Ari Yami Pergi Umrah Mengendarai Sepeda

Sukses Keliling Indonesia, Ari Yami Pergi Umrah Mengendarai Sepeda

Ari Yami berada di Thailand. foto: istimewa--

Ari bukan satu-satunya pesepeda Indonesia yang menggowes sepedanya demi menunaikan ibadah umrah.

Glen Fahmi Saimina, ketua Bike2Work, sebuah komunitas berisi pesepeda se-Indonesia, mengatakan paling tidak ada lima orang pesepeda Indonesia selain Ari yang sedang dalam perjalanan ke Mekkah.

"Candaan di komunitas kami itu, mungkin kalau haji itu mesti menunggu enam sampai 10 tahun, kalau dengan sepedaan dalam enam bulan itu bisa sampai," ujar Fahmi.

"Itu mungkin yang membuat optimis teman-teman yang berangkat ke Mekah dengan sepedaan," katanya.

Rute yang biasa ditempuh oleh pesepeda menuju Mekkah, kata Glen, adalah dengan menyeberang Batam, Singapura, Malaysia, kemudian melanjutkan perjalanan lewat darat ke Thailand, India. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke Maroko dan Timur Tengah.

BACA JUGA:Anti Ribet Mudah Dibawa Kemana Saja, Ini Keunggulan Sepeda listrik lipat Antelope Flash

"Itu sih yang jalur favorit," katanya.

Meski begitu, ia mengatakan tak semua orang sanggup melakukan perjalanan sepeda jarak jauh karena risikonya cukup besar. Selain medan yang tidak bisa diterka atau masalah lainnya seperti keamanan, fisik dan mental pesepeda juga diuji.

"Ada satu yang terpaksa pulang karena sepedanya hilang dicuri. Jadi memang bukan hal yang mudah, tapi menjadi tekad dari teman-teman sepeda yang biasa melaksanakan touring jarak jauh," ungkapnya.

Salah satu tantangan yang disebut oleh Fahmi adalah terblokirnya akses ke daerah Myanmar dan Bangladesh.

Seringkali, para pesepeda Indonesia membeli tiket pesawat ke negara-negara tetangga di Timur Tengah, seperti Iran atau Oman, sebelum melanjutkan perjalanan dengan mengayuh sepeda.

BACA JUGA:Sepeda Listrik GT Flash, Miliki Desain Futuristik dan Tembus 70 Km Dalam Sekali Cas, Segini Harganya

Ari sendiri mengaku dirinya tak bisa melintasi Myanmar dan Bangladesh sehingga dia terpaksa membeli tiket pesawat ke India untuk melanjutkan perjalanannya dari sana.

"Myanmar dan Bangladesh lagi close border karena ada konflik. Jadi tidak bisa masuk, jadi mau enggak mau, opsi saya dari Thailand terbang

Ari memperkirakan bahwa ia akan membutuhkan waktu delapan hingga sembilan bulan untuk sampai di Mekkah, Arab Saudi.

Sumber: