3 Puskesmas di OKI Ikuti Akreditasi Tingkat Dasar

3 Puskesmas di OKI Ikuti Akreditasi Tingkat Dasar

Ahmad Fahmi.--

3 Puskesmas di OKI Ikuti Akreditasi Tingkat Dasar

KAYUAGUNG, oganilir.co - Ada tiga Puskemas yang baru dibangun di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti akreditasi tingkat dasar tahun ini. Hal ini agar  Puskemas tersebut bisa bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk pelayanan pada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan OKI, H Iwan Setiawan M Kes melalui Kasi Mutu Akreditasi, Ahmad Fahmi SKM mengatakan,  untuk itu perlu sekali dilakukan akreditasi dengan bekerja sama Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (Laskesi) di bawah Kementerian Kesehatan RI.

"Alhamdulillah untuk 30 Puskesmas di OKI selain tiga Puskesmas baru ini sudah mengikuti akreditasi," kata Ahmad Fahmi, Senin 25 Maret 2024.

Ketiga puskesmas tersebut yakni Puskesmas Tanjung Lubuk, Puskemas Bumiarjo, dan Puskemas Sungai Lumpur.

BACA JUGA:Top, 3 Puskesmas di OKI Raih Predikat Paripurna

Dari jumlah tersebut pada 2023 sebanyak 23 Puskesmas terakreditasi madya dan tujuh Puskesmas lainnya terakreditasi paripurna.

Banyak yang menjadi  penilaian, selain administrasi sarana dan prasarana serta SDM. Diantaranya rawat inap harus memiliki salah satu syarat 2 dokter umum, 1 dokter gigi. Saat ini di 26 Puskesmas baru memiliki  dokter gigi sisanya ada yang dokter izin untuk sekolah.

Kalau dulu tiga tahun sekali Puskemas wajib melakukan akreditasi, tapi dengan aturan baru lima tahun sekali wajib melakukan akreditasi.

Disinggung apakah kendala yang terjadi bagi Puskemas untuk melakukan akreditasi  selain SDM adalah  sarana dan prasarana karena anggaran terbatas tidak bisa semua  untuk pembangunan seperti IPAL dianggarkan.  Ada Puskemas yang belum ada dianggarkan untuk membangun IPAL menggunakan DAK.

Sumber: