Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Disperindag Sumsel Sidak Distributor Parsel

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Disperindag Sumsel Sidak Distributor Parsel

Disperindag Sumsel lakukan sidak di distributor parsel, foto : istimewa --

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Disperindag Sumsel Sidak Distributor Parsel

PALEMBANG, oganilir.co - Dalam Rangka pengawasan barang beredar, kebutuhan pokok dan barang pokok penting Parsel menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Indo grosir, swalayan distributor di wilayah Palembang, Senin 25 Maret 2024.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Henny Yulianti S.IP,. MM melalui kabid perlindungan dan tertib Niaga R.M. Fauzi, S.sos, M,Si memimpin lansung kelapangan melakukan pengecekan di beberapa Indo grosir.

Hari ini pihak kami melakukan Sidak dalam rangka pengawasan barang beredar kemasan Parsel menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H mengecek keberadaan makan yang layak dan tidak nya, dari kekeberadaan masa berlakunya, begitupun kebutuhan bahan pokok lain nya tak luput dari pengawasan kami, agar masyarakat tahu sehingga kemasan secara terbuka sebelum di bentuk kemasan parsel dapat jelas diketahui para konsumen, seperti kemasan makan atau minimun kaleng.

Lebih lanjut, hendaknya, kemasan makanan atau minuman yang layak, tidak karat atau penyot/kempot yang dapat mengganggu keberadaan isinya baik makanan maupun minuman," ungkap Fauzi. 

BACA JUGA:Sidak ke Pasar Tradisional, Kadisdagperin Muba Akui Kenaikan Harga Telur

Di PTC lotte Mart Pertokoan PTC Lotte Mart, 8 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Palembang Tim mendapat salah satu paket makanan Biskuit yang telah habis masa berlakunya selanjutnya mendapat peringatan langsung untuk segera di musnakan dan tidak dipajang untuk di jual 

"Tanggal kedaluwarsa (expiration/exp) produk akan tidak layak dikonsumsi lagi setelah melewati tanggal ini, sebaiknya makanan langsung dibuang, "tegas Fauzi 

Bayu Seta Istabella KSP Kwaliti Service lotte Mart , diakuinya biasanya jarak 2 bulan sebelum masa Kaduluarsa kita tarik musnakan sendiri dihancurkan, hanya telat diambil si eyalase sehingga bercampur dengan yang baru," kata Bayu.

Di lokasi yang sama pusat perbelanjaan Farmers Market tim sidak mengecek langsung gudang tempat penyimpanan barang produk yang sudah tak layak jual, setelah melakukan pengecekan kesiapan produsen jelang lebaran idul Fitri 1445 H.

BACA JUGA:PJ Walikota Prabumulih Sidak Pelayanan Puskesmas Barat

Sidak selanjutnya Tim Dinas perdagangan Provinsi Sumsel menyisir Indo grosir di Jl. Residen H. Najamuddin, Suka Maju, Kec. Sako, Kota Palembang. disini tim mendapatkan kemasannya rusak kondisi peyok/kempot. kemasan produk susu dan ikan kaleng/sarden. secara langsung mendapat perhatian serta pembinaan oleh para Tim Sidak Dinas perdagangan, agar produk tersebut tidak untuk dipajang atau dijual, "Produk itu jangan lagi ada di etalase untuk di jual ke konsumen harap untuk pihak pengelolah Indo Grosir lebih memperhatikan lagi," papar Fauzi dihadapan manajer Han serta para staf pegawai Indo Grosir. 

Selanjutnya Tim Dinas perdagangan Sumsel, mengecek gudang stok kebutuhan menjelang lebaran di Komplek Gudag Indo grosir pengecekan didampingi Prabowo staf Indo Grosir hingga ke gudang chiler kesediaan barang basah seperti sosis, ikan, telur daging.

Dalam Sidak Dinas Perdagangan Sumsel Tim I. mengikut sertakan, Ferhadian Agung Putra SH, (Kasi pengawasan barang beredar dan Jasa). Mochtar Wahyu Wardana S.IP. (Kasi Pengawasan Tertib Niaga) Teja Setya Staf (Seksi Pengawasan Tertib Niaga). Dewi Abrianti SE Staf (Seksi Pengawasan barang beredar dan Jasa). (Syaiful Jabrig). (Rilis)

Sumber: