Tinjau Pasar, Pj Sekda Prabumulih Klaim Harga Sembako Masih Normal

Tinjau Pasar, Pj Sekda Prabumulih Klaim Harga Sembako Masih Normal

Aris Priadi meninjau pedagang di pasar Kota Prabumulih, Jumat 5 April 2024. --

Tinjau Pasar, Pj Sekda Prabumulih Klaim Harga Sembako Masih Normal

PRABUMULIH, oganilir.co - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, meningkatnya kebutuhan pangan, berakibat melonjaknya harga sembako di pasar.

Pj Sekretaris Daerah Drs Aris Priadi SH MSi memimpin Tim Satgas Ketahanan Pangan dan juga Forkopimda mengecek harga sembako di beberapa kios pasar Prabumulih, Jumat 5 April 2024.

Usai memberikan arahan, Aris langsung meninjau toko/kios sembako, ditemukan ada beberapa harga bahan pokok dan sembako yang naik walau cuma sedikit. 

"Jadi kita hari ini tugasnya hanya mengecek harga-harga, dan juga mengantisipasi lonjakan harga menjelang Lebaran, apabila nanti ditemukan sembako yang harganya naik cukup jauh di sinilah tugas Tim Satgas Ketahanan Pangan untuk terjun langsung mengantisipasi," sebutnya.

Mengingat, kata dia, Kota Prabumulih ini adalah perlintasan, tidak menutup kemungkinan nanti banyak konsumen dari luar kota.

BACA JUGA:Kepala Disnaker Prabumulih Ungkap Keluhan Pegawai Mengenai THR

Aris juga berharap, agar para pedagang menjual sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi). "Kita update terus harga bahan pokok dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Prabumulih seraya memantau lonjakan harga menjelang Lebaran nanti. Intinya, untuk sekarang harga masih stabil," tutupnya.

Berikut update harga sembako dari Dinas Ketahanan Pangan, telur 1 kg Rp27 ribu, bawang merah 1kg Rp32 ribu, bawang putih 1kg Rp38 ribu, ayam ras Rp28 ribu, daging sapi Rp140 ribu, cabai merah Rp35 ribu 1kg, rawit merah Rp45 ribu, gula Rp17 ribu, garam Rp7 ribu, beras Rp13 ribu, terigu Rp9 ribu 1 kilogramnya. 

Rute dimulai dari Pasar Tradisional Modern, kios pasar belakang, dan terakhir Toko Sumber Musi. Turut hadir Kasat Intelkam Polres Prabumulih, Danramil Prabumulih, Perwira Penghubung, Kepala Disperindag, Dinas Perikanan, dan Tim Satgas Ketahanan pangan Prabumulih. 

Sumber: