Penumpang LRT Sumsel Membeludak, Asrama Haji Palembang Panen Parkir

Penumpang LRT Sumsel Membeludak, Asrama Haji Palembang Panen Parkir

Kendaraan penumpang LRT Sumsel yang parkir di Asrama Haji Palembang, Ahad 14 April 2024. foto: dendi romi/oganilir.co--

Penumpang LRT Sumsel Membeludak, Asrama Haji Palembang Panen Parkir

PALEMBANG, oganilir.co - Pepatah di mana ada gula di situ ada semut sangat tepat dialamatkan pada membeludaknya penumpang Light Rail Transit (LRT) Sumsel yang banyak dipenuhi penumpang saat libur. Betapa tidak, libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah dimanfaatkan warga Sumsel dan luar Sumsel untuk berwisata naik LRT.

Hanya merogoh kocek Rp5 ribu, penumpang sudah bisa menikmati view kota Palembang dari Asrama Haji Palembang sampai ke OPI Mall Jakabaring. 

Sebab, jika naik LRT dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, tiket LRT berlaku Rp10 ribu. Akibatnya, Stasiun LRT Asrama Haji Palembang dipenuhi penumpang menggunakan moda trasportasi massal itu dari Km 10 sampai ke OPI Mall Jakabaring.

Ratusan penumpang tersebut menitipkan kendaraan roda dua di halaman parkir Asrama Haji Palembang. Pengelola Asrama Haji  Palembang sendiri memasang tarif Rp5 ribu untuk satu kendaraan yang parkir. 

BACA JUGA:Penumpang LRT Sumsel Membeludak, PT KAI Tambah Kereta

Pantauan oganilir.co, Ahad 14 April 2024, saking banyaknya kendaraan roda dua yang parkir di halaman Asrama Haji Palembang mencapai enam lapis. Satu lapis mencapai 50 kendaraan. Dalam sehari ada sekitar 300-400 kendaraan roda dua parkir di halaman Asrama Haji Palembang.

Petugas parkir Asrama Haji Palembang adalah sekuriti yang memang berjaga di pintu masuk atau gerbang. Petugas pun menyediakan tiket bagi kendaraan yang parkir. Pemilik kendaraan membayar terlebih dahulu saat memarkir kendaraan. 

Untuk menjamin keamanan, petugas akan meminta tiket kepada pemilik saat mengeluarkan kendaraannya. 

Salah satu petugas parkir Asrama Haji Palembang menuturkan bahwa membeludaknya penumpang LRT sering terjadi saat musim libur. Apakah itu libur sekolah, Lebaran, Natal, Tahun Baru atau libur nasional lainnya.

BACA JUGA:Lampu Jalan Jalur LRT Banyak Mati

"Di hari biasa paling sekitar 100 kendaraan penumpang LRT yang parkir di sini (Asrama Haji Palembang)," kata salah satu sekuriti Asrama Haji.  

Sumber: