Akankah Terjadi "Head to Head" antara HD dan MY !

Akankah Terjadi

Foto Istimewa --

Ir H Mawardi Yahya menggandeng mantan Gubernur Syahrial Oesman, sejumlah tokoh penting juga berhasil direkrut. Selain Syahrial Oesman sendiri, juga ada tokoh Basemah Susno Duadji, dan kemungkinan juga Alex Noerdin serta  tokoh lainnya. 

Sementara untuk calon dari Nasdem, kemungkinan besar tetap Herman Deru. Ada nama lain seperti Fauzi Amro sepertinya belum untuk Pilkada tahun 2024 ini. Apalagi Fauzi Amro masih terpilih sebagai anggota DPR RI pada Pileg lalu. Untuk dukungan partai lainnya, belum terlihat hingga saat ini. Ada nama yang digadang-gadang untuk cawagub dari HD seperti H Joncik Muhammad yang diperkirakan akan membawa PAN.

BACA JUGA:Herman Deru Maju Kembali di Pilkada 2024, Ridho Yahya : Keinginan Masyarakat Kita Tidak Tahu

Lalu ada Heri Amalindo yang juga sudah mensosialisasikan diri untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumsel. Bahkan sudah disebut-sebut juga akan berpasangan dengan Popo Ali (Bupati OKU Selatan). Tapi hingga saat ini belum nampak Parpol yang akan mengusungnya. Termasuk PDIP sebagai partainya Heri Amalindo juga belum bersikap hingga saat ini.

Lalu bagaimana dengan Partai Golkar? Dari rekrutmen internal yang sudah terekpose ke publik, ada dua nama yang diusulkan yakni Bobby Adityo Rizaldi dan Anita Noeringhati. Di luar itu pernah disebut nama Agung Sampurna dan Tantowi Yahya. Tapi apakah diantara mereka betul-betul turun, belum bisa dipastikan. Dua nama Agung Sampurna dan Tantowi Yahya kelihatannya akan dipakai di level nasional. Mengingat Agung yang saat ini Ketua Umum PBSI, pernah menjadi Ketua BPK RI. Sementara Tantowi Yahya pernah menjadi Dubes di New Zeland dan Dubes Keliling untuk kawasan Pacifik.

Dengan demikian sepertinya hanya tiga nama yang betul-betul serius untuk posisi calon gubernur, yakni Mawardi Yahya, Herman Deru, dan Heri Amalindo. Sementara yang lain lebih cenderung untuk posisi wakil gubernur. Nah dari tiga kandidat gubernur tersebut, bila melihat dari posisi di partai, Heri Amalindo masih harus berjuang keras untuk meraih kepercayaan dari partainya, PDIP. 

BACA JUGA:Herman Deru Pastikan Maju Lagi di Pilkada 2024, ini Nama Pasangannya

Tentu faktor survei yang  menggambarkan objektifitas mengenai popularitas dan elektabilitas, akan sangat menentukan. Bila hasil survei tidak mendukung, maka biasanya sang kandidat akan berpikir lebih rasional untuk maju. Tentu banyak yang berharap tiga kandidat yang sudah mempublikasikan diri untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumsel tersebut, betul-betul dapat maju. Bila tidak maka bisa saja terjadi duel antara Mawardi Yahya dan Herman Deru. Dan ini tentu menarik. (Drs H Iklim Cahya, MM (Pemerhati Politik dan Sosial

Sumber: