Bupati Ogan Ilir Tandatangani NPHD Pilkada di Pemprov Sumsel

Bupati Ogan Ilir Tandatangani NPHD Pilkada di Pemprov Sumsel

Bupati Panca menandatangani NPHD (Foto Istimewa)--

Bupati Ogan Ilir Tandatangani NPHD Pilkada di Pemprov Sumsel

OGANILIR.CO-Perhelatan akbar pesta demokrasi di Sumatera Selatan (Sumsel) baik Pemilihan Gubernur dan Kepala Daerah Kabupaten dan Kota di Sumsel, segera dimulai. Dan komitmen pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar dan damai.

Hari ini Selasa 7 Mei 2024 Pemprov Sumsel melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pengamanan pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan serta Bupati dan wakil Bupati, Walikota dan wakil Walikota se Sumatera Selatan tahun 2024, berlangsung di Griya Agung.

Termasuk Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar ikut menandatangani NPHD tersebut, didampingi Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman, Ketua KPU Ogan Ilir Masjidah dan Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dewi Alhikmah 

BACA JUGA:Pemkab OKI dan KPU-Bawaslu Tandatangani NPHD

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Dr H Agus  Fatoni mengatakan, Penandatanganan ini merupakan sebuah komitmen bersama dalam menjalankan tugas dalam pelaksanaan pilkada serentak, sumsel merupakan yang pertama dan menjadi pelopor dalam penandatanganan NPHD serentak, ini tentu ini menjadi tonggak baru dalam pelaksaan pilkada serentak di Sumsel agar pelaksaan pilkada menjadi sukses,aman dan damai

Sementara anggaran pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) se-Sumsel dialokasikan sebesar Rp 190,1 miliar. Dana tersebut berasal dari APBD rovinsi dan APBD kabupaten/kota di Sumsel.

Rianciannya adalah, yakni peruntukkannya  bagi TNI sebesar Rp 54,439 miliar dan Polri Rp 135,714 miliar. Sementara dana yang bersumber dari APBD Sumsel anggarannya sebesar Rp 71,3 miliar, rinciannya yakni untuk TNI sebesar Rp 20 miliar dan Polri Rp 51,3 miliar.

BACA JUGA:Ilyas Panji Alam Teken NPHD ke Bawaslu, Jaksa Kejari Ogan Ilir Tunggu Audit BPKP Soal Kerugian Negara

"NPHD untuk pengamanan penyelenggaraan Pilkada se-Sumsel sudah dilakukan. Anggaran itu untuk kegiatan pengamanan. Sementara NPHD untuk KPU dan Bawaslu sudah kita lakukan pada November 2023 lalu," ujar Pj Gubernur Sumsel, Dr H Agus Fatoni.

Dikatakan H Agus Fatoni, pelaksanaan NPHD ini sama halnya dengan KPU dan Bawaslu se-Sumsel di Pemilu 2024 kemarin, NPHD untuk pengamanan juga dilakukan serentak di seluruh Sumsel.

H Agus Fatoni berharap , kepada semua lapisan masyarakat dan semua pihak untuk menjaga iklim kondusif dan zero conflict di Sumsel ketika Pilkada digelar.

BACA JUGA:Pilkada Banyuasin, Askolani Dapat Dukungan dari KKSS

"Mari kita jaga , agar pelaksanaan pilkada tetap toleran, aman, damai dan tidak ada masalah penyelenggaraan, sama seperti Pemilu lalu,"katanya,

Sumber: