SMA Negeri 1 Indralaya Utara Terapkan Ujian Semester Pakai Paper

SMA Negeri 1 Indralaya Utara Terapkan Ujian Semester Pakai Paper

SMAN 1 Indralaya Utara menerapkan ujian dengan menggunakan paper bukan sistem Komputerisasi--

        OGAN ILIR, OGANILIR.CO- Kalau sebelumnya penerapan ujian semester bagi siswa-siswi SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir menggunakan berbasis komputer atau handphone android.

Namun pada  ujian semester tahun pelajaran 2022/2023 yang mulai dilaksanakan Senin, 28 November hingga 5 Desember 2022. SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir ,menerapkan sistem paper alias kertas ujian.

        “Kami sengaja melaksanakan ujian semester ganjil  tahun pelajaran 2022/2023 dengan menerapkan system paper, ketimbang dengan menggunakan komputerisasi,’’kata Kepala Sekolah SMAN 1 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Drs  Thohir Hamidi MSi.

        Dimana pertimbangannya kata Drs Thohir, dengan menggunakan paper,  pihaknya akan mengetahui sejauh mana kemampuan anak didiknya dalam menjawab meteri soal  yang diberikan.

        “Kalau menggunakan system komputerisi, Laptop ataupun Handpone,  sepertinya hasil jawaban dari soal yang diberikan , kurang murni. Dimana bisa saja saat akan menjawab soal, siswa sempat mencari  jawaban dari google,’’terang Drs Thohir.

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir H Ardani Launching Gerakan Bergizi Nasional di SMAN 1 Indralaya Utara

        Berbeda dengan materi soal yang diberikan dengan paper,  siswa benar-benar dituntut untuk menjawab dengan kemampuannya  sendiri,’’Selain itu dengan paper, jawaban yang sudah diselesaikan dan sudah diberikan nilai, materi ujian paper itu bisa disimpan untuk didekomentasinya oleh siswa,’’lanjut Drs Thohir.

        Sementara kata Drs Thohir, jumlah siswa tahun ini yang mengikuti ujian semester sebanyak  373 siswa  yang terdiri dari 146 siswa laki-laki dan 227 siswa perempuan,’’373 siswa yang mengikuti ujian semester tersebut merupakan kelas  X, XI dan XII’’terang Drs Thohir.

        Sedangkan mata pelajaran yang diujikan, untuk siswa kelas X terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Budi Pekerti (PABP), Sosiologi, Kimia, Bahasa Inggris, PPKn, Matematika Wajib, Sejarah Indonesia, Geografi, Ekonomi, Informatika, Seni Budaya, Biologi, Penjas-Orkes, Fisika dan Bahasa Jepang.

        Kemudian siswa Kelas XI MIPA, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, PABP, Pendidikan Kewirausahaan (PKWU), Kimia, Bahasa Inggris, PPKn, Matematika Wajib, Sejarah Indonesia,  Sastra Inggris , Matematika Peminatan, Fisika, Seni Budaya, Biologi, Penjas-Orkes.

        Siswa kelas XI IPS, dengan Mata Pelajaran,  Bahasa Indonesia, PABP, PKWU, Ekonomi, Bahasa Inggris, PPKn, Matematika Wajib, Sejarah Indonesia, Sastra Inggris, Sejarah Peminatan, Sosiologi, Seni Budaya, Geografi dan Penjas-Orkes.

        ‘’Untuk siswa kelas XII baik MIPA maupun IPS, ujian semesternya dengan mata pelajaran yang diujikan  sama dengan siswa kelas XI, namun  dua mata pelajaran yang berbeda pada siswa kelas XII  MIPA dan  IPS  yakni mata pelajaran Biologi (Lintas Minat) untuk IPS dan Geografi (Lintas Minat).

        “Kita berharap selama proses ujian semester dapat berjalan lancar tanpa hambatan, dan siswa mampu menjawab soal-soal yang diberikan dengan kemampuannya,’’tutupnya (sid)

Sumber: