PHE Ogan Komering Lakukan Program Inkubator Binis Pemuda Peninjauan

PHE Ogan Komering Lakukan Program Inkubator Binis Pemuda Peninjauan

Pemuda Pemudi di Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU --

PHE Ogan Komering Lakukan Program Inkubator Binis Pemuda Peninjauan 

OGANILIR.CO-PT Pertamina Hulu Energi (PHE)  Ogan Komering melaksanakan program bagi para pemuda dan pemudi melalui kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta (Gerakan Masyarakat Mandiri Generasi Bertalenta) di Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Field Manager Pertamina Hulu Energi Ogan Komering Alamsyah mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan PHE mengandeng Karang Taruna dari desa di sekitar Wilayah Kerja Perusahaan.

Kegiatan Ikubator Bisnis Gema Magenta  diinisiasi sebagai wadah untuk meningkatkan minat kewirausahaan bagi pemuda dan pemudi di sekitar Kecamatan Peninjauan serta terciptanya ide bisnis kreatif.

BACA JUGA:Sebelum Berkompetisi, PT Pertamina Berikan Edukasi Cara Mengolah Tanah

“Mereka diberikan pelatihan kewirausahaan hingga mentoring bisnis. Materi awalnya, bagaimana menemukan ide bisnis serta menyusun perencanaan bisnis yang dianalisis dari kebutuhan dan permasalahan sekitar, sehingga diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat’’kata Alamsyah.

Kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta dibimbing langsung oleh praktisi yang aktif dan berkompeten dalam bidang pengembangan bisnis. Kemudian dari ide bisnis yang baik, mampu meningkatkan kemajuan baik bagi desa hingga kepada kecamatan dan berpotensi, akan diberikan pembimbingan lebih oleh praktisi dan diberikan bantuan dana bisnis untuk mengambangkan bisnisnya.

“Peserta Kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta ini berasal dari beberapa desa seperti Desa Bindu, Desa Karang Dapo, Desa Mendala, Desa Peninjauan, Desa Saung Naga, Desa Penilikan, Desa Makartitama, Desa Makarti Jaya, dan Desa Mitra Kencana. Desa-desa  ini berada di Ring 1 Perusahaan,’’lanjut Alamsyah.

BACA JUGA:Pertamina Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Toga di Kelompok Binaannya

Melalui kegiatan ini pula, Pertamina Hulu Energi Ogan Komering juga mendukung tercapainya SDG’s nomor delapan, yaitu Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. 

“Tujuan jangka pendek dari program ini adalah untuk menumbuhkembangkan pola pikir, kreativitas, serta kemandirian dari para pemuda dan pemudi dari tingkat desa. Sedangkan, tujuan jangka panjangnya adalah terciptanya lapangan pekerjaan yang diinisiasi oleh pemuda dan pemudi itu sendiri serta pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat,’’tutur Alamsyah.

Lebih lanjut Alamsyah menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai kepedulian perusahaan terhadap perkembangan perekonomian Desa dan Kecamatan di Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Diharapkan melalui kegiatan ini menjadi awal hadirnya para wirausahawan muda dan peningkatan kualitas dari para pemuda dan pemudi desa di sekitar perusahaan. 

BACA JUGA:Pertalite Dihapus, ini Kata Pertamina Patra Niaga

“Kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta diharapkan menjadi langkah awal terciptanya lapangan kerja baru dan wirausahawan kreatif dengan memaksimalkan potensi lokal” ucap Alamsyah.

Sumber: