Panen Raya Cabai di Mesuji, Pj Bupati OKI Klaim Tekan Inflasi

Panen Raya Cabai di Mesuji, Pj Bupati OKI Klaim Tekan Inflasi

Asmar Wijaya melakukan panen perdana cabai di Kecamatan Mesuji OKI, Senin 3 Juni 2024. --

Panen Raya Cabai di Mesuji, Pj Bupati OKI Klaim Tekan Inflasi

KAYUAGUNG, oganilir.co - Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Ir Asmar Wijaya MSi melakukan peninjauan sekaligus panen raya cabai bersama petani  dari kelompok ketahanan pangan kebun cabai Desa Sukasari, Kecamatan Mesuji Raya, Senin 3 Juni 2024.

Selain di budidayakan petani, cabai ini juga ditanam oleh kepala desa melalui dana desa yang peruntukannya untuk ketahanan pangan.

Cabai yang dibudidayakan oleh petani dan pemerintah desa tersebut cukup menghasilkan sehingga berdampak terhadap upaya pengendalian angka inflasi daerah, terutama soal penekanan harga cabai di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Cabe ini punya andil besar terhadap inflasi. Inflasi ini terus kita jaga dari 5 persen pada Januari lalu sekarang angkanya sudah di bawah tiga. Kita harapkan masyarakat di wilayah lainnya di Kabupaten OKI bisa mencontoh bagaimana budidaya cabe di Desa Sukasari ini menjadi berkembang,” kata Bupati Asmar.

BACA JUGA:Reki Terpilih Jadi Ketua DPD Partai NasDem OKI, Ini Janjinya

Dengan adanya potensi ini, harapnya, cabai banyak dikembangkan oleh masyarakat sehingga bisa dipasarkan berbagai wilayah. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI Ir Sahrul MSi mengatakan saat ini kabupaten sudah menggelar penanaman cabai serentak baik oleh para penyuluh pertanian, TP PKK maupun melalui dukungan dana desa.

"Saat ini sudah masa persemaian. Dua atau tiga bulan kedepan akan panen raya cabe," jelas Sahrul.

 

 

 

Sumber: