Lolos 16 Besar Euro 2024 dengan Terseok-Seok, Di Lorenzo Yakin Timnya Diperhitungkan

Lolos 16 Besar Euro 2024 dengan Terseok-Seok, Di Lorenzo Yakin Timnya Diperhitungkan

Timnas Italia.--

Lolos 16 Besar Euro 2024 dengan Terseok-Seok, Di Lorenzo Yakin Timnya Diperhitungkan 

oganilir.co - Italia lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Lolosnya gli Azzuri itu ke babak 16 besar Euro 2024 disambut meriah oleh para pendukungnya. Tak hanya pendukung yang ada di stadion atau di negaranya, tetapi juga fans Timnas Italia yang tersebar di belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Italia tampil di babak penyisihan grup harus terseok-seok dengan catatan satu kali menang, satu kali kalah, dan satu kali seri, raihan empat poin cukup untuk mengantarkan Italia sebagai runner-up dan meloloskan mereka ke babak 16 besar. Italia menemani Spanyol untuk melaju ke babak 16 besar Euro 2024, di mana Italia akan bertemu Swiss.

Pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B melawan Kroasia, yang berlangsung pada Selasa (25/6) dini hari di Red Bull Arena, Leipzig, tim berjuluk Gli Azzurri hanya mampu bermain imbang 1-1. Gol Kroasia dicetak oleh Luka Modric pada menit ke-55, sedangkan gol Italia dicetak oleh Mattia Zaccagni pada masa injury time (90+8).

BACA JUGA:Austria Lolos 16 Besar, Lihat Bagan 16 Besar Euro 2024

Italia sudah memastikan tempat di babak 16 besar Euro 2024 sebagai runner-up Grup B setelah meraih empat poin. Di tahap sistem gugur, Gli Azzurri akan ditantang oleh Swiss.

Giovanni Di Lorenzo mengaku timnya pantas melewati fase grup yang dihuni tim-tim hebat. Namun, dia meminta rekan setimnya fokus menghadapi tantangan sulit selanjutnya. "Menurut pendapat saya, kami pantas melewati grup yang sulit ini, apalagi dengan menghadapi tim-tim hebat. Sekarang tantangannya dimulai dari dalam atau luar," kata Di Lorenzo dilansir dari laman Tuttomercato, Selasa (25/6).

Dia optimistis timnya akan diperhitungkan dalam fase gugur Euro 2024. Namun, Timnas Italia harus menunjukkan kualitas terbaik dalam fase tersebut. "Saya yakin Italia akan sulit dihadapi," ujarnya.

Sekadar informasi, Italia lolos ke babak 16 besar setelah menahan imbang Kroasia 1-1 di Red Bull Arena. Mattia Zaccagni menjadi penyelamat tim setelah gol telatnya pada menit 97 menit 19 detik mampu mengubah keadaan.

BACA JUGA:Ini Hasil Laga Euro 2024 Terbaru, 3 Tim Lolos 16 Besar

Mengupas lebih dalam, penampilan Italia di babak penyisihan grup tidaklah mulus. Pada pertandingan pertama melawan Spanyol, Italia harus mengakui keunggulan La Furia Roja dengan skor tipis 0-1. Kekalahan ini sempat menurunkan moral tim, namun mereka berhasil bangkit di pertandingan kedua melawan Albania. Italia menunjukkan performa yang solid dan memenangkan pertandingan dengan skor 2-1, berkat gol dari Lorenzo Pellegrini dan Federico Chiesa.

Namun, perjalanan Italia kembali tersendat saat menghadapi Kroasia. Pertandingan ini menjadi penentu bagi Italia untuk lolos ke babak 16 besar. Kroasia, yang juga membutuhkan poin untuk lolos, memberikan perlawanan sengit.

Gol dari Luka Modric di babak kedua membuat Italia dalam posisi terjepit. Namun, semangat juang yang tinggi dan taktik yang tepat dari pelatih Roberto Mancini akhirnya membuahkan hasil saat Mattia Zaccagni mencetak gol penyeimbang di masa injury time, memastikan Italia mendapatkan satu poin yang sangat krusial.

BACA JUGA:Laga Matchday Euro 2024: Prancis vs Belanda, Mbappe Tebar Teror, Koeman tak Ambil Pusing

Sumber: