REFLEKSI, Mewarnai Gaya MPLS di SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir

REFLEKSI, Mewarnai Gaya MPLS di SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir

Penandatangan bersama anti kekerasan dan bullying--

REFLEKSI, Mewarnai Gaya MPLS di SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir 

OGANILIR.CO-Tidak ingin monoton alias berulang-ulang dari tahun ketahun itu-itu saja dalam pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), kepada peserta didik baru tahun pelajaran 2024-2025.

Lembaga Pendidikan SMAN 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menerapkan inovasi baru dalam pelaksanaan MPLS yang diikuti para siswa barunya .

“Tahun pelajaran 2024-2025 , SMAN 1 Indralaya dalam pelaksanaan MPLS, kita menerapkan salah satu metode berbeda dari tahun sebelumnya , yakni materi kegiatan ‘Refleksi’,’’Kata Kepala Sekolah (KS) SMAN 1 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Pudyo Laksono SPd, Rabu, 17 Juli 2024.

BACA JUGA:85 Kepala Sekolah di Ogan Ilir Ikuti Bimtek Pemanfaatan Rapor Pendidikan

Dijelaskan Pudyo Laksono, materi kegiatan refleksi ini dilakukan diakhir kegiatan  MPLS setiap harinya yang berlangsung sejak 15 Juli hingga 19 Juli 2024.

“Dalam meteri kegiatan Refleksi, setiap siswa baru yang mengikuti MPLS, yang didampingi perwaliannya dari kelompok guru, mencatat semua aktifitas yang dilakukan, apakah siswa merasa senang dengan kegiatan MPLS ini, atau kurang, apakah senang mendapat teman baru, semua dicatat,’’kata Pudyo Laksono.

Tidak hanya sebatas itu saja, siswa yang mengikuti MPLS juga bisa mengkritisi para panitia, para pemberi materi sudah baik atau tidak jelas, semua siswa diberikan kesempatan dan ruang untuk mengkritisinya sambil mencatatnya, tapi ya itu tadi Kritik yang membangun.

BACA JUGA:Tiga Hari Siswa Baru SMAN 1 Indralaya Utara Ikuti MPLS

“Dalam pelaksanaan meteri refleksi ini dilakukan dua arah bukan satu arah, nantinya dari hasil catatan refleksi tersebut, akan dimasukan kedalam google drive, jadi selama journey MPLS akan tersimpan dan tentu dijadikan bahan evaluasi,’’tutur Pak Sony panggilan akrab Pudyo Laksono.

Pudyo Laksono mengatakan, jumlah siswa baru yang mengikuti MPLS dan Character Building  sebanyak 360 orang. Mereka mengikuti MPLS dimulai 15-19 Juli 2024, lalu dilanjutkan 21-24 Juli 2024 Character Building.

Pada hari ketiga pelaksaan MPLS , Kasi Kurikulum Dinas Provinsi Sumsel Dr. Febriansyah sempat hadir dan ikut menyaksikan pembacaan Ikrar Anti Kekerasan oleh siswa Nabila dan Dewa yang dikuti para siswa baru lainnya.

BACA JUGA:Wabup Ardani Hadiri Pembukaan Kegiatan MPLS di SDN 5 Indralaya

Usai membacakan Ikrar Anti Kekerasan , dilanjutkan dengan penempelan poster anti kekerasan, kemudian dilanjutkan penandatanganan bersama anti bullying dan tindakan kekerasan, guna menciptakan sekolah yang ramah, aman nyaman, sehat,  harmonis dan inklusif.

Sumber: