Presiden Prancis Tegaskan Terbuka Terhadap Kontingen Olimpiade Israel

Presiden Prancis Tegaskan Terbuka Terhadap Kontingen Olimpiade Israel

Olimpiade Paris 2024.--

Presiden Prancis Tegaskan Terbuka Terhadap Kontingen Olimpiade Israel

oganilir.co - Kekhawatiran banyak pihak akan sikap Prancis terhadap kontingen Israel yang akan berlaga pada Olimpiade Paris 2024 ditepis tuan rumah.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan negaranya sangat terbuka dengan kedatangan atlet Israel di Olimpiade Paris 2024.

"Atlet Israel diterima di negara kami. Mereka harus dapat bersaing di bawah warna mereka karena gerakan Olimpiade telah memutuskannya," kata Presiden Prancis, Emmanuel Macron dikutip AFP, Rabu.

"Saya mengutuk dengan cara sekuat mungkin semua orang yang menciptakan risiko bagi para atlet ini dan secara implisit mengancam mereka," ujar Macron.

BACA JUGA:Kontingen Olimpiade Paris 2024 Indonesia Dikukuhkan, ini Jumlah Cabor-Atlet

Sebelum pernyataan sang presiden, terjadi penolakan kehadiran Israel yang dilayangkan oleh beberapa anggota parlemen Prancis sayap kiri dan Komite Olimpiade Palestina yang ingin agar ada pemboikotan.

Macron menambahkan bahwa Israel memiliki "hak untuk membela diri" tetapi menyebut pemboman Gaza yang terus berlanjut – di mana 39.090 orang telah tewas, menurut perkiraan terbaru dari kementerian kesehatan yang dikelola Hamas – "tidak dapat diterima".

"Prancis adalah salah satu negara pertama di Eropa yang menyerukan gencatan senjata," tegas Macron.

Presiden Isaac Herzog telah mengkonfirmasi bahwa dia akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade pada hari Jumat waktu setempat, dan Macron mengatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga akan "diterima" tetapi tidak diharapkan karena dia masih berada di Amerika Serikat.

BACA JUGA:Yes, Balap Sepeda Indonesia Loloskan 1 Wakilnya di Olimpiade Paris 2024

Dalam pembukaan Olimpiade nantinya sebagian besar jalan pusat kota Paris akan dialihkan terutama menjelang upacara di sepanjang sungai Seine. Nantinya sebanyak 45.000 anggota pasukan keamanan akan bertugas serta 10.000 tentara untuk mencegah insiden apa pun yang akan merusak pembukaan event empat tahunan tersebut.

"Ada tantangan keamanan dan itu berlaku untuk semua ibu kota yang menyelenggarakan Olimpiade," kata Macron.

 

Sumber: