Unsri-Unib Sepakat Kerjasama Bidang Pendidikan

Unsri-Unib Sepakat Kerjasama Bidang Pendidikan

Rektor Unsri Taufiq Marwa dan Rektor Unib Retno Agustina menandatangani nota kesepahaman.--

Unsri-Unib Sepakat Kerjasama Bidang Pendidikan

INDRALAYA, oganilir.co - Dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Sumatera melakukan kerja sama. Yakni Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Bengkulu sepakat menandatangani Nota Kesepahaman MoU (Memorandum of Understanding) tentang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya.

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa SE MSi dan Rektor Universitas Bengkulu, Dr Retno Agustina Ekaputri SE M.Sc di Ruang Rapat Lt 2 Rektorat Unsri Kampus Indralaya, Senin (22/7/2024).

Ruang lingkup nota kesepahaman ini antara lain dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; pengembangan kompetensi sumber daya manusia; pelaksanaan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka; perbantuan pengembangan peguruan tinggi, lokakarya, pelatihan, seminar, pameran dan kegiatan ilmiah lainnya, konsultasi dan pembuatan kajian/analisis, dan bidang lain yang disepakati secara tertulis oleh para pihak.

BACA JUGA:Konjen Malaysia Medan Kunjungi Unsri, Bahas Kerja Sama Pendidikan

Rektor Unsri menyambut baik kerjasama dengan Universitas Bengkulu, ia berharap penandatangan MoU ini bisa memberikan manfaat bagi kedua pihak.

"Suatu kehormatan bagi kami bapak ibu dari Universitas Bengkulu bisa hadir di kampus kami. Bapak ibu telah hadir di kampus Unsri Indralaya, kami sengaja mengusulkan bertemunya di Indralaya saja karena kampus Indralaya merupakan kantor pusat administrasi, pusat kegiatan Unsri sekarang ini di Indralaya. Walaupun sebenarnya sebagian besar dosen karyawan dan mahasiswa itu masih tinggalnya di Palembang. Karena sudah ada jalan tol kalau dulu waktu tempuh paling cepat satu jam, sekarang 40 menit sudah sampai ke kampus ini. Mudah-mudahan hal-hal baik yang ada di Unsri bisa dicontoh dan dibagikan di Universitas Bengkulu, sebaliknya hal-hal baik di Universitas Bengkulu bisa dicontoh oleh Unsri," kata Taufiq Marwa.

Dia berharap dengan dilakukannya penandatanganan MoU ini tidak hanya selesai sebatas tandatangan saja melainkan ada tindak lanjut terkait dengan Tri Darma perguruan tinggi, pendidikan, dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

BACA JUGA:Bhakti Yudho Gantikan Joni Arliansyah Jabat Dekan FT UnsriBACA JUGA:Bhakti Yudho Gantikan Joni Arliansyah Jabat Dekan FT Unsri

"Tentunya nanti kita akan melakukan penandatanganan MoU dan dilanjutkan dengan aktivitas - aktivitas kegiatan kerjasama lainnya turunan dari MoU tersebut.  Harapannya dari MoU ini kita bisa memberikan yang terbaik. Unib dan Unsri mestinya bergandeng erat saling mendukung dan saling mendorong untuk kemajuan bersama, mudah - mudahan kerjasama ini bisa memberikan manfaat bagi kedua belah pihak," harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bengkulu Retno Agustina menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor Unsri yang menurutnya sangat luar biasa dalam penerimaannya. Ia menceritakan bahwa dirinya juga mahasiswa Unsri, pada tahun 80-an ia belajar di Unsri Bukit Palembang.

"Di Unsri Bukit Besar itu sekitar tiga bulan satu periode ada di sana jadi saya mengenal di sana dan beberapa kali juga berada di sana pada saat pertemuan-pertemuan sebelumnya, baik di pasca sarjana maupun di Fakultas Ekonomi. Kami pernah kesini tapi belum berkesempatan berada di ruang ini, jadi ini luar biasa ruangannya sangat indah, nuansa Sumatera Selatan-nya sangat ditonjolkan, untuk tempat nanti kami akan belajar dari Unsri," ujarnya.

Lebih lanjut Rektor Universitas Bengkulu mengatakan bahwa selayaknya bertetangga Unsri dan Universitas Bengkulu melakukan kerjasama yang erat terkait Tri Darma juga tentang MBKM.

"Sekarang ini kami berguru ke Universitas Sriwijaya untuk beberapa hal. Secara spesifik sebenarnya yang pertama waktu itu dilandasi pada saat kita melakukan beberapa kegiatan ternyata MoU kita sudah habis dan perlu diperbarui. Kami ingin belajar dan melihat secara langsung bagaimana kegiatan yang luar biasa yang sudah dilakukan oleh Unsri agar dapat kita lakukan juga di Universitas Bengkulu.

Sumber: