Bupati Panca : Ayo Kita Cegah Karhutla Bersama-Sama

Bupati Panca : Ayo Kita Cegah  Karhutla Bersama-Sama

Bupati Panca memberikan keterangan upaya pencegahan karhutla --

Bupati Panca : Ayo Kita Cegah  Karhutla Bersama-Sama

OGANILIR.CO- Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir terlibat dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Dalam menghadapi Karhutla  aspek pencegahan, merupakan  langkah jitu dan efektif  dibanding berjibaku memadamkan api"kata Bupati Panca kepada wartawan usai melaksanakan gelar Pasukan dan Peralatan Kesiapsiagaan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di lapangan KPT Tanjung Senai Indralaya,25 Juli 2024.

"Perangkat desa, penyuluh pertanian, silakan ajak warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Upayakan pencegahan karhutla," kata Bupati Panca 

BACA JUGA:Amankan Seremoni Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Prancis Tempatkan Sniper di Sungai-Gedung

Sementara pada apel tersebut diikuti oleh Satgas Karhutla terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Masih kata Bupati Panca,  kepada MPA khususnya yang tinggal di daerah rawan karhutla, untuk selalu siap siaga terhadap bahaya Karhutla.

"Selain upaya pencegahan, begitu ada api segera koordinasi dengan Tim Satgas," pinta Bupati Panca.

BACA JUGA:Menko Airlangga Pimpin Apel dan Simulasi Karhutla di Sumsel

Di samping pemeriksaan pasukan, Bupati Panca juga mengecek peralatan pemadaman api seperti kendaraan Armored Water Cannon (AWC).

Kedua kendaraan tersebut milik Brimob Polda Sumatera Selatan dan Polres Ogan Ilir.

Kemudian armada milik Damkar, BPBD hingga PT Hutama Karya selaku pengelola Tol Palembang-Indralaya-Prabumulih (Palinpra).

BACA JUGA:AKBP Bagus Suryo Wibowo : Fokus Pilkada, Karhutla dan Gudang BBM Ilegal

Berdasarkan laporan dan hasil pemeriksaan,  Bupati Panca memastikan seluruh peralatan pemadaman karhutla dalam keadaan baik dan laik pakai.

Sumber: