Pj Wako Prabumulih Pastikan Karnaval Budaya Digelar, ini Waktunya

Pj Wako Prabumulih Pastikan Karnaval Budaya Digelar, ini Waktunya

Elman. Foto: dian/SEG--

PRABUMULIH, oganilir.co - Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) PRABUMULIH kembali akan menggelar karnaval budaya yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79 tahun 2024. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Prabumulih, H Elman ST MM mengatakan bahwa tahun ini kembali akan dilaksanakan karnaval.

"Pelaksanaannya, 21 Agustus atau hari Selasa," kata Elman.

Dia menegaskan, dalam pelaksanaan karnaval nantinya dipastikan ada drumd band. "Pertama, patwal harus ada, drumd band duluan, paskibraka ada dan barulah nanti ada barisan-barisan lain," bebernya.

BACA JUGA:Karnaval di Kambang Iwak, Jl KH Ahmad Dahlan Macet

Kendati demikian, mengingat pelaksanaan karnaval di tahun ini mendekati tahun politik atau Pilkada, maka diupayakan agar selesai sebelum Maghrib untuk keamanan, mengingat tahun-tahun sebelumnya selalu selesai di malam hari.

Untuk mempersingkat waktu tersebut, orang nomor satu di kota nanas itu mengimbau agar setiap sekolah bisa membatasi siswa yang ikut.

"Misalnya di sekolah ada orang 500, cukup 400 atau 300 saja diturunkan," akunya.

Dia pun mengaku kasihan, jika masih ada peserta yang tampil hingga pukul 22.00 WIB malam. "Kasihan kalau masih ada peserta yang sampai malam. Tidak enak lagi penglihatan itu," imbuhnya.

Untuk waktunya sendiri, karnaval tetap dilaksanakan 1 hari yakni di tanggal 21 Agustus 2024 tadi.

BACA JUGA:Pemkot Prabumulih Gelar Karnaval, Jl Jenderal Sudirman Ditutup 15 Jam, Catat Rute Pengalihannya

Rutenya sendiri, mulai dari bawah Kemang dan finish di Prabujaya. "Jadi tidak ada isu-isu yang menyebutkan karnaval tahun ini tidak ada drumdband. Malahan waktu baris-berbaris anak-anak sekolah nanti, juga bakal ada drumdband," tutupnya.

Diketahui, karnaval budaya sudah menjadi tradisi di Kota Nanas. Setiap tahun selalu diadakan, baik dalam rangka memperingati HUT RI maupun peringat HUT Kota Prabumulih.

Dalam acara karnaval, para peserta biasanya memperkenalkan budaya dari enam kecamatan dari desa serta kelurahan yang ada di Kota Nanas. Mereka juga melakukan atraksi di depan panggung kehormatan yang ada Pj Wali Kota dan Forkopimda. 

Sumber: