Kapolda Sumsel Terjun Rawan Karhutla di Tulung Selapan OKI

Kapolda Sumsel  Terjun Rawan Karhutla di Tulung Selapan OKI

Kapolda Sumsel berpose bersama dengan personel yang melaksanakan tugas menghadapi karhutla --

OGANILIR.CO-KAYUANGUN-Upaya mitigasi penanganan karhutla menjadi perhatian khusus Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen A Rachmad Wibowo. 

Setelah melepas dan memberangkatkan ratusan personel dan peralatan, pucuk pimpinan Polda tersebut melakukan asistensi kedaerah rawan karhutla dimana personel ditempatkan,  Sabtu 3 Agustus 2024.

Irjen A Rachmad Wibowo melakukan asistensi dan mendatangi wilayah Kecamatan Tulung Selapan Ogan Komering Ilir, merupakan wilayah yang ditahun sebelumnya menjadi daerah terluas terjadinya karhutla.

BACA JUGA:Samsung Galaxy M23 5G, Hp Mid Range yang Worth It di Gunakan Dalam Jangka Panjang

Kehadiran Kapolda Sumsel turut didampingi beberapa pejabat utama (PJU) diantaranya Irwasda Kombes Feri Handoko Soenarko, Karo Ops Kombes M Anis Prasetyo, Dirintelkam Kombes Hadi Wiyono, Dirreskrimsus Kombes Bagus Suropratomo Oktobrianto, Dirbinmas Kombes Sofyan Hidayat serta Dansat Brimob Kombes Susnadi.

Kapolda Sumsel menggelar pertemuan dengan Camat dan jajaran pemerintahan di Kecamatan Tulung Selapan setelah sebelumnya meninjau kesiapan peralatan penanggulangan karhutla untuk memastikan semua peralatan dalam kondisi siap pakai.

Dihadapan masyarakat, stakeholder serta relawan yang hadir diaula kantor Camat Tulung Selapan, Kapolda mengatakan perlunya sinergitas dan kebersamaan dalam mensikapi permasalahan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Tulung Selatan.

BACA JUGA:Infinix Hot 40i: Rekomendasi HP Rp 1 Jutaan dengan RAM 8 GB

“Seluruh elemen termasuk Instansi yang ada disini, dan juga masyarakat peduli api di Tulung Selatan agar saling berkoordinasi dan bekerja sama yang baik dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla, terjadi kebakaran segera keroyok rame rame padamkan sebelum apinya membesar,” tegasnya.

Dirinya mengharapkan pihak swasta/ perusahaan di diwilayah Kecamatan Tulung Selapan menjaga wilayah perusahaan sehingga tidak terjadi karhutla dan berperan aktif melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan.

“Dengan sarana dan prasarana peralatan yang dimiliki pihak swasta, saya berharap aktif membantu kita memadamkan karhutla yang terjadi di wilayah Tulung Selapan ini,” tandasnya.

BACA JUGA:Realme C31, Pilihan Tepat untuk Ganti Smartphone Entry Level

Mantan Kapolda Jambi tersebut mengingatkan pentingnya sarana pendukung seperti halnya sekat kanal dan embung sebagai penampung air yang mutlak diperlukan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan. Termasuk penyediaan peralatan pemadam kebakaran yang memadai serta petugas pemadam yang terlatih.

Kapolda menegaskan dalam hal penegakan hukum, dirinya telah menginstruksikan jajaran untuk memproses dengan tegas terhadap setiap pelaku pembakaran hutan dan lahan. 

Sumber: