Perkuat Upaya Pencegahan dan Pemadaman Api, Kapolres Kunjungi Posko

Perkuat Upaya Pencegahan dan Pemadaman Api, Kapolres Kunjungi Posko

Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto, SH, S. IK, beserta rombongan melakukan kunjungan ke Posko Terpadu Karhutla di Desa Terusan Jawa, Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI--

KAYUAGUNG, oganilir.co - Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto, SH, S. IK, beserta rombongan melakukan kunjungan ke Posko Terpadu Karhutla di Desa Terusan Jawa, Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI, untuk mengecek kesiapan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Minggu, 18 Agustus 2024.

Kunjungan yang berlangsung sekitar pukul 10.30 WIB ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Ketua Bhayangkari Cabang OKI, Ny. Naqiya Hendrawan Susanto, SH, S. IK, Kabas Ops Polres OKI, Kompol A. Rahman, SH, MH, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres OKI menyerahkan secara simbolis bingkisan dan alat pemadam kebakaran berupa slang dan mesin pemadam kepada kepala desa dari tujuh desa di Kecamatan Jejawi, yaitu Desa Terusan Jawa, Pedu, Simpang Empat, Batun Baru, dan Muara Batun, Desa Jejawi dan Desa Air Hitam.

Penyerahan ini diharapkan dapat memperkuat kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman karhutla di Kecamatan Jejawi.

BACA JUGA:Pj Bupati OKI Serahkan Penghargaan ke 45 Anggota Paskibraka

BACA JUGA:Kenang Pahlawan, Forkopimda OKI Gelar Ziarah Nasional

Dalam sambutannya, Camat Jejawi, Drs. Sulaiman sebagai komandan api Jejawi, menyambut baik kunjungan Kapolres OKI dan rombongan. Ia menyatakan komitmennya untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa Kades sebagai Wadan Api san petugas MPA desa di Kecamatan Jejawi siap bersinergi dengan TNI dan Polri dalam upaya pemadaman Karhutla.

Dalam sambutannya di Posko Terpadu Karhutla Desa Terusan Jawa, Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto, SH, S. IK, menyampaikan beberapa arahan dan harapan penting terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Ia menekankan bahwa Karhutla merupakan ancaman serius yang memerlukan kerja sama dan sinergi antara berbagai pihak, termasuk masyarakat, TNI, Polri, serta instansi terkait lainnya.

Kapolres berharap agar petugas Posko Karhutla di Desa Terusan Jawa dan desa-desa sekitarnya dapat menjadi garda terdepan dalam informasi terjadinya karhutlah, pemadaman api awal, dan mengajak selalu bersinergi dengan instansi terkait dalam upaya pencegahan dan penanganan Karhutla. Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena tindakan tersebut dapat berakibat fatal bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Ia menegaskan bahwa upaya pencegahan Karhutla bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga memerlukan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat.

BACA JUGA:Pustu-Polindes Talang Jaya OKI Memprihatinkan

BACA JUGA:Cek Karhutla di Lempuing Jaya OKI, Kapolda Sumsel Pertebal Personel BKO dan Brimob ke Lapangan

"Polres OKI telah membentuk satuan tugas khusus untuk penindakan hukum bagi masyarakat yang sengaja membakar lahan. Ini merupakan langkah penegakan hukum agar masyarakat tidak mengulangi perbuatannya yang merusak lingkungan. Saya berharap, dengan kerja sama yang baik, kita dapat mengatasi ancaman Karhutla dan menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Kabupaten OKI," ujar Kapolres OKI.

Sumber: