Cegah Penyakit TB, Kades di OKI Harus Anggarkan Dana Desa

Cegah Penyakit TB, Kades di OKI Harus Anggarkan Dana Desa

Asmar Wijaya.--

KAYUAGUNG, oganilir.co - Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Asmar Wijaya meminta semua pihak aktif dalam memberantas penyakit Tuberculosis (TB) di wilayahnya. Masalah kesehaan tak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan. Melainkan semua pihak, termasuk pemerintah desa.  

Pj Bupati OKI Asmar Wijaya mengatakan, terkait TB  setiap rapat dengan kepala daerah, selalu disampaikan Kemendagri. Bahkan, Kemendagri meminta seluruh daerah membentuk Satgas penanggulangan TB.

"Tapi saya tetap berharap seluruh Puskesmas di OKI tetap memberikan pelayanan terbaiknya," kata Asmar Wijaya, Selasa 20 Agustus 2024.

Dia berharap seluruh kades dapat mensupport sesegera mungkin. Dirinya juga meminta Dinas PMD memerintahkan agar seluruh kades bisa menganggarkan dana desa untuk program penanggulangan penyakit TB. Bagi pengidap penyakit TB,  harus tetap rutin melakukan pengobatan.

BACA JUGA:JADI Terima Rekomendasi B1 KWK PKB, Siap Menuju Pilkada OKI

"Penyakit ini bisa disembuhkan kalau rutin diobati," ujarnya.

Karena banyak yang dengan rajin melakukan pengobatan dan rutin minum obat serta support dari keluarga yang sembuh. Untuk itu bagi penderita yang masih melakukan pengobatan untuk tetap semangat.

Sebelumnya, Pembina Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (ADINKES) OKI Hj Lesty Nuraini meminta support dari daerah agar Kepala Desa melalui dana desa bisa menganggarkan dana untuk penanggulangan TB.

"Kalau dari PKK OKI kan mungkin sudah ada anggarannya, kami juga mohon dibantu," tandasnya.

Sumber: