Massa Paksa Masuk TPS untuk Gunakan Hak Pilih, Polisi Semprotkan Gas Air Mata

Massa Paksa Masuk TPS untuk Gunakan Hak Pilih, Polisi Semprotkan Gas Air Mata

Simulasi pengamanan Pilkada OKI, Rabu 28 Agustus 2024.--

KAYUAGUNG, oganilir.co -  Ketegangan terjadi saat massa yang  tidak terima  melakukan pencoblosan di atas pukul 12.00 WIB karena tidak mendapatkan kartu undangan untuk mencoblos.

Mereka mendorong  anggota yang berjaga di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI. Meski dihalau petugas yang berjaga mereka tetap memaksa masuk.

Mereka  mendorong anggota, melempar petugas dengan air dalam kantong plastik. Massa terus mendesak masuk sehingga anggota mengambil tindakan dengan mempertebal keamanan.

Karena terus didesak, akhirnya anggota dibantu Satbrimob Polda Sumsel menyemprotkan gas air mata yang dibawa menggunakan mobil Water Canon kepada massa agar segera membubarkan diri.

BACA JUGA:Pendaftaran Calon Kepala Daerah Resmi Dibuka, Seluruh Provinsi Gelar Pilkada, ini Nama-Namanya

Tapi massa masih tetap bersikukuh untuk menerobos masuk dan mengeluarkan mercon asap. Dari aksi ini ada dua orang pingsan  sehingga langsung diambil dibawa oleh petugas ke  rumah sakit terdekat.

Aksi ini merupakan simulasi Pengamanan Pilkada 2024 yang digelar di pelataran Gedung Olahraga Biduk Kajang, Rabu 28 Agustus 2024.

Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto menjelaskan, simulasi yang dilakukan ini untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan dalam pelaksanaan pilkada serentak mendatang. 

Semua yang ditampilkan ini dengan menajemen keamanan yang komprehensif dengan mengarahkan semua sumber daya yang ada serta memperkokoh kerja sama dengan semua pihak  pelaksana pilkada, unsur TNI dan masyarakat dalam menjamin pelaksanaan pilkada nantinya bisa berlangsung aman dan lancar.

BACA JUGA:Tak Kuorum, Rapat Paripurna Pengesahan RUU Pilkada Batal

"Harus dicermati ada berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius bagi semua untuk diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat menghambat penyelenggaraan pilkada nanti," bebernya.

Ada 525 personel  Polres OKI dan dibantu 110 anggota Brimob Polda Sumsel. Saat ini kan sudah masuk tahapan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati OKI hari ini  Pasangan HM Dja'far Shodiq -Abdiyanto melakukan pendaftaran ke KPU OKI. sebelumnya mereka melakukan deklarasi di Pelataran Taman Segitiga Emas Kayuagung, kemudian besok (29/8). Pasangan Muchendi-Supriyanto akan deklarasi dan mendaftar ke KPU.

Sumber: