Gerbang Selamat Datang Prabumulih Dihajar Truk Kontainer, Miniatur Kota Jadi Korban

Gerbang Selamat Datang Prabumulih Dihajar Truk Kontainer, Miniatur Kota Jadi Korban

Gerbang Selamat Datang Kota Prabumulih yang dihajar truk kontainer, Ahad 1 September 2024. Foto: dian/SEG--

PRABUMULIH, oganilir.co - Gerbang selamat datang Kota PRABUMULIH sekaligus portal pembatas kendaraan, yang merupakan salah satu ikon kota ini, hancur lebur. Penyebabnya, ditabrak truk kontainer berukuran tinggi.

Berdasarkan pantauan  Ahad 1 September 2024 pagi, lokasi jatuhnya gerbang selamat datang tak jauh dari simpang air mancur di depan rumah makan 1001 malam di Jl Jenderal Sudirman, Cambai, Prabumulih.

Gerbang Selamat Datang hancur dan terjatuh sampai ke aspal. Beruntung, pihak dari Dinas Perhubungan dan Polres Prabumulih yang langsung melakukan evakuasi, dan menutup sementara jalan tersebut.

Selama proses evakuasi, petugas juga memasang police line sementara dan mengimbau kendaraan yang lewat agar melalui Jalan Lingkar Timur Prabumulih atau pun melalui jalan Padat Karya.

Tak hanya gerbang selamat datang yang roboh, miniatur Nanas dan logo Prabumulih Jaya juga ikut-ikutan roboh. 

Sementara, truk kontainer yang menabrak, tak bisa bergerak dan masih terparkir di tengah jalan dengan posisi tertimpa runtuhan beton dan kaca bagian depan pecah juga kondisi mobil bagian depan yang hancur.

Diketahui, gerbang beton selamat datang kota Prabumulih dibangun sekira tahun 2019 dengan plat besi di atasnya dibangun sekira tahun 2020 yang bertujuan agar kendaraan bertonase besar tidak masuk ke dalam kota.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, truk kontainer tanpa nopol tersebut, saat kejadian sedang dalam kosong alias tanpa muatan.

Nihil plat nomor polisi truk tersebut, namun truk yang berwarna hijau dengan boks kontainer berwarna putih tersebut, terdapat tulisan TRJ-61 dan BMB FMS di bagian kanan boks kontainernya. Sedangkan di bagian belakang truk, terdapat tulisan 61 menggunakan cat warna merah.

Truk tersebut, hendak melaju dari arah dalam kota Prabumulih menuju arah Lembak. Sekira pukul 03.00 WIB Ahad (1/9) di TKP, truk kontainer lantas menabrak gerbang di bagian sebelah kiri yang ambruk total dan gerbang sebelah kanan juga ikut terlepas bagian plat besinya.

Diketahui, ketinggian portal sekira 3,8 - 4 meter. Sedangkan ketinggian truk 4,10 meter dan saat kejadian, truk melaju dengan kecepatan agak cepat.

"Kita bersama-sama Kapolres, BPBD dan Bagian Perlengkapan langsung melakukan evakuasi agar kendaraan lain cepat bisa melintas," kata Plt Kadishub Prabumulih, Syamsul Feri. 

Sumber: