Raih Gelar Doktor, AHY Persembahkan untuk Ani Yudhoyono

Raih Gelar Doktor, AHY Persembahkan untuk Ani Yudhoyono

AHY didampingi SBY mengikuti sidang doktor di Unair, Senin 7 Oktober 2024. foto: jawapos.com--

SURABAYA, oganilir.co - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meraih gelar doktor di Universitas Airlangga (Unair), Senin (7/10). 

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional itu menyelesaikan studi doktoral Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekolah Pascasarjana Unair dengan predikat cum laude.

AHY didampingi langsung oleh ayahnya yang juga Presiden Ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ada juga istri AHY, Annisa Pohan, serta adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Dalam sidang terbuka yang dipimpin langsung oleh Rektor Unair Prof Mohammad Nasih itu, AHY mengangkat tema disertasi Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia (SDM) Menuju Indonesia Emas 2024. AHY tampil dengan sempurna hingga membuat para dewan penyanggah memberikan predikat cum laude.

BACA JUGA:Cegah Perundungan di Kampus, FK Unair Gandeng ESQ Ary Ginanjar

Putra sulung Presiden SBY itu mengaku sangat bersyukur karena bisa menuntaskan studi doktoralnya dengan baik. Gelar akademik tersebut didedikasikan untuk almarhumah ibunya, Ani Yudhoyono.

"Ibu berharap saya yang tidak bisa menuntaskan karier dan pangkat di militer tetap bisa mempunyai sesuatu yang bisa diberikan kepada masyarakat melalui pengabdian,” katanya.

Laki-laki 46 tahun itu berharap penelitian disertasinya dapat dikontribusikan untuk pengambilan kebijakan ke depan. Agar ekonomi Indonesia tumbuh lebih maju dan sejahtera. Namun, hal itu perlu ada upaya perbaikan agar kapasitas SDM Indonesia semakin baik. "Sehingga bonus demografi tidak sia-sia begitu saja," ujarnya.

AHY berhasil menyelesaikan gelar doktor dalam kurun waktu tiga tahun. Selama ini dia menjalani kuliah secara virtual maupun langsung di kampus. Setelah menjalani ujian tertutup, butuh persiapan kurang lebih satu minggu untuk sidang doktor terbuka di Garuda Mukti Lantai 5 Gedung Rektorat Unair kemarin.

BACA JUGA:Rektor Unair Tegaskan IKA tak Boleh Dukung Paslon Pilkada

"Saya berusaha tampil sebaik mungkin dan menjawab semua pertanyaan dewan-dewan penyanggah, profesor, dan lainnya," pungkasnya. (ayu/c17/oni/dom)

Sumber: