Tahun 2023 Angka Kecelakaan Naik 100 Persen, Polres Ogan Ilir Kembali Gelar Operasi Zebra

Tahun 2023 Angka Kecelakaan Naik 100 Persen, Polres Ogan Ilir Kembali Gelar  Operasi Zebra

Polres Ogan Ilir Gelar operasi zebra tahun 2024--

OGANILIR.CO-Kapolres Ogan Ilir, AKBP Bagus Suryo Wibowo, SIK, memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Musi 2024, berlangsung di halaman Mapolres Ogan Ilir, Senin 14 Oktober 2024.

Apel tersebut dihadiri oleh Wakapolres Ogan Ilir Kompol Helmi Ardiansyah, Dandim 0402 OKI/OI diwakili Pabung dan sejumlah kepala dinas dan pimpinan instansi terkait di Kabupaten Ogan Ilir.   Kapolres menyampaikan pesan dan atensi dari Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) terkait pentingnya peningkatan keselamatan dan ketertiban lalu lintas. Operasi Zebra Musi 2024, yang berlangsung secara serentak di seluruh wilayah Indonesia mulai 14 hingga 27 Oktober 2024, bertujuan mendukung pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta memastikan kelancaran tahapan Pilkada 2024.  

“Operasi ini mengusung tema melalui Operasi Zebra 2024, Mendukung Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih serta Mendorong Tertib Lalu Lintas untuk Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman'” ujar Kapolres   

BACA JUGA:Hari ini 2 Petenis Meja Putri Pelatnas PB PTMSI Berangkat Try Out ke China

Kapolres menekankan bahwa sasaran operasi meliputi potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan.

Kapolres  juga  menyoroti data anev Operasi Zebra Musi 2023 yang menunjukkan peningkatan pelanggaran dan kecelakaan dibandingkan tahun sebelumnya.  

"Jumlah kecelakaan naik 100%, dari 6 menjadi 12 kejadian. Korban meninggal dunia juga meningkat dari 1 menjadi 2 orang," tambahnya. Selain itu, terjadi peningkatan pada korban luka ringan dan pelanggaran lalu lintas.  

BACA JUGA:PEP Zona 4 Berhasil Lakukan Pemboran, Produksinya Signifikan

Kapolres menekankan pentingnya pendekatan edukatif dan persuasif dalam operasi tahun ini. Penindakan akan dilakukan secara elektronik dan simpatik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas.  

"Semoga dengan operasi ini, masyarakat semakin disiplin dan angka pelanggaran maupun kecelakaan dapat berkurang," kata Kapolres.  

Menutup amanatnya, Kapolres mengingatkan seluruh personel agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan selalu mengedepankan sikap humanis. 

BACA JUGA:Polres OKU Timur Merilis Hasil Operasi Zebra Musi 2023, ini Jumlah Pelanggarannya

"Laksanakan tugas dengan niat ibadah dan selalu berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tegasnya.  

Apel gelar pasukan berjalan lancar dan kondusif, diikuti oleh berbagai instansi terkait, termasuk Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, serta PT Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan Ogan Ilir. 

Sumber: