7 Penyebab Daun Tanaman Hias Dalam Ruangan Layu

7 Penyebab Daun Tanaman Hias Dalam Ruangan Layu

Penyebab tanaman hias dalam ruangan layu--

Jika tanaman berada di dekat ventilasi AC pada musim kemarau atau jendela berangin pada cuca dingin, pindahkan tanaman hias ke tempat yang tidak terlalu berangin.

3. Kurang Cahaya

BACA JUGA:3 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Ruangan Ber-AC

Menempatkan tanaman ditempat redup bisa menyebabkan kekurangan cahaya dan daun tanaman akan mulai menguning pada bagian bawah sebelum gugur. 

Untuk mengatasinya, putar pot tanaman setiap seminggu sekali sehingga semua sisi pot mendapat akses ke cahaya alami.

4. Kurang Nutrisi 

Kekurangan nutrisi juga dapat menjadi penyebab daun tanaman dalam ruangan menguning, seperti terlalu banyak kalsium dalam air jika menggunakan air sadah atau kekurangan nitrogen. 

BACA JUGA:3 Jenis Pupuk untuk Tanaman Hias yang Penting Diketahui

Ciri tanaman kekurangan nutrisi dapat dilihat dari daun bagian atas tanaman yang menguning serta pola tidak biasa pada warna kuning daun. Misalnya, urat daun tetap gelap, sementara jaringan di antara urat daun menguning.

5. Infeksi Virus 

Tanaman hias yang terkena infeksi virus menunjukkan gejala, seperti bercak-bercak kuning yang menyebar pada seluruh daun, daun dan batang tanaman berubah bentuk, serta bunga berubah warna. 

Infeksi virus ini dapat menginfeksi semua tanaman yang berada di sekitarnya. Maka itu, begitu melihat tanaman sakit, pisahkan tanaman tersebut dari tanaman lainnya yang sehat.

BACA JUGA:7 Tips Merawat Tanaman Hias Gantung Agar Subur dan Indah

6. Hama 

Selain terkena infeksi virus, hama juga menjadi penyebab daun tanaman dalam ruangan layu.

Sumber: