Khazanah Islam : Muqadimmah , Pemikiran Ibnu Khaldun Dalam Dunia Pendidikan

Khazanah Islam :  Muqadimmah , Pemikiran Ibnu Khaldun Dalam Dunia Pendidikan

--

BACA JUGA:Bagaimana Pelafazan Kata Amin Dalam Doa ? Berikut Fiqihnya, Belajar Yuk


 Ilmu Naqliyah didasarkan atas otoratis syariat yang ada dalam Al Quran dan Hadits. Ibnu Khaldun menjabarkan, yang termasuk dari Ilmu Naqliyah antara lain Ilmu Tafsir, Ilmu qiraat, Ilmu Hadits, Ilmu Unsul Fikh, Ilmu Fikih, Ilmu Kalam Ilmu Bahasa arab, Ilmu Tasawwuf dan Ilmu Ta’bir Mimpi.


2. Ilmu Filsafat atau Rasional (Aqliyah)


Ibnu khaldun memberikan penjelasan dalam Muqadimmahnya bahwa Ilmu Fisafat bersifat alami bagi manusia yang diperolehnya melalui proses berfikir.


Ilmu ini bisa dimiliki seluruh umat manusia yang berakal sehat dan sudah ada sejak peradaban pertama kali ada di dunia.

BACA JUGA:Raperda Pesantren Terus Dibahas DPRD Ogan Ilir, Pemkab Ogan Ilir Inginkan Pendidikan Lebih Terarah


Menurutnya ilmu ilmu filsafat ini dibagi menjadi empat macam ilmu yakni Ilmu logika, Ilmu fisika, ilmu metafisika dan ilmu matematika.


Meski Ibnu Khaldun juga sempat membicarakan ilmu geografi, sejarah dan sosiologi namun dia tidak memamsukkan ilmu ilmu tersebut kedalam kedua klasifikasinya.


Menurut ibnu khaldun kedua kelompok ilmu yang pertama tersebut merupakan ilmu pengetahuan yang dipelajri karena faidah ilmu itu sendiri.


 Sedangkan mengenai ilmu pengetahun (ilmu alat) adalah merupakan alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan di golong pertama.

BACA JUGA:Juliana, Perempuan Pertama dari Suku Anak Dalam Pendampingan Baznas Kuliah Sampai ke Perguruan Tinggi


Karena pemikiran pemikirannya yang brilian Ibnu Khaldun dipandang sebagai peletak dasar ilmu sosial dan politik Islam.


 Konstribusi besar Ibnu Khaldun terletak pada filsafat sejarah dan sosiologi.


Dalam Muqadimmahnya Ibnu Khladun dapat mengidentifikasi fakta fakta psikologis , ekonomi, lingkungan dan sosial yang berkontribusi besar pada kemajuan peradaban dan arus sejarah utama.


Beberapa ahli bahkan menyebut Ibnu khaldun sebagai Bapak ekonomi (father of economics) yang sebenarnya dan juga bapak ilmu sosial berkat pemikirannya mengilhami atau dicetuskan kembali empat abad kemudian dan menjadi pondasi pemikir filsafat baru seperti Adam Smith, Karl Marx , John Maynard Keynes dan filsfasat pembaharu lainny

Sumber: