Pemerintah Sudah Lama Wajibkan Seluruh Mobil Mesin Diesel di Indonesia Gunakan Standar Emisi Euro 4, Kabarnya?
Pemerintah sudah lama wajibkan seluruh mobil mesin diesel di Indonesia gunakan standar emisi euro 4. foto: ist/oganilir.co.--
“Tak hanya harga kendaraan yang kompetitif, emisinya ramah lingkungan, konsumsi BBM hemat, tangguh di segala medan, dan layanan servisnya mudah,” sebut Boan.
Yang juga sangat penting, lanjut Boan, safety di jalan karena truk Hino disematkan beberapa fitur keselamatan berkendara.
Seperti memiliki pengereman ABS (anti-lock braking system) dimana daya cengkram ban tetap baik saat rem mendadak.
Ada fitur DRL (daytime running light) LED yang memancarkan cahaya dan meningkatkan visibilitas truk bagi pengendara lain, serta cabin tilt safety memastikan kabin terkunci dengan benar.
Regional Service Head Sumbagsel Astra Isuzu, Frizon S Naibaho mengatakan sebelum Euro 4 diwajibkan, Isuzu telah 10 tahun lebih dulu menerapkan teknologinya.
“Sudah pasti layanan purna jurnal Isuzu untuk implementasi Euro 4 sudah sangat siap sejak dulu,” ungkapnya.
Karenanya, ketika mobil Euro-2 Isuzu dimigrasikan seluruhnya ke Euro 4 tak lagi menjadi kendala.
“Baik servis maupun sparepart yang kita gunakan sebelumnya, 80 persen mirip dengan layanan purna jual Euro 4, sehingga adaptasi kami cepat. Konsumsen tak perlu khawatir soal perawatan berkala dan ketersediaan sparepart,” ujarnya.
Implementasi Euro 4 ini misalnya saat servis penggunaan alat komputerisasi untuk pengecekan mobil.
“Kalau Euro 2 kan pengecekan manual, sekarang Euro 4 kami sudah komputerisasi lebih praktis dan sensornya cepat mendeteksi problem. Tinggal colokan ke engine control model-nya, semua masalah kendaraan terbaca di komputer terutama terkait electrical mesin,” bebernya.
Sumber: