Tim Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang Jalankan Program Rumah Singgah Peduli

Tim Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang Jalankan Program Rumah Singgah Peduli

Rumah Singgah Peduli merupakan program layanan kesehatan dari tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi (IKesT) Muhammadiyah Palembang. Foto : Ist--

PALEMBANG, OGANILIR.CO – Kreativitas tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi (IKesT) Muhammadiyah Palembang patut ditiru.

Tim ini membuat program Rumah Singgah Peduli bagi masyarakat.  Program ini diberikan untuk memberikan layanan  psikologis dan latihan fisik.

“Manfaat utama dari rumah singgah ini yaitu memberikan pelayanan tempat tinggal gratis bagi warga yang sedang menjalani pengobatan selama di Palembang,” kata Ketua tim kegiatan PkM Dr. Suzana, M.Kep, Selasa 28 Februari 2023.

Dia mengatakan, untuk mendukung program pelayanan Kesehatan Rumah Singgah, pihaknya dari  tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi (IKesT) Muhammadiyah Palembang menggagas Pendampingan Pengurus Rumah Singgah untuk Mewujudkan “Rumah SemBat” (Rumah Singgah Peduli Semangat Berobat) pada Pasien Terminal dan Pendamping yang berada di Rumah Singgah Muratara.

Nah, selain Dr. Suzana, M.Kep. Dalam program ini juga melibatkan  dua anggota yaitu Riska Marlin, M.Kes., dan Ika Guslanda Bustam, S.Fis., M.Sc yang juga melibatkan mahasiswa dari tiga Program Studi DIII Keperawatan, DIII Kebidanan, dan DIII Fisioterapi.

“Anggotanya sendiri terdiri dari berbagai profesi Kesehatan yaitu perawat, bidan dan fisioterapi. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan adalah mengajarkan senam SemBat kepada pasien juga kepada pendamping, ceramah keagamaan, psikoedukasi kepada keluarga pasien dan juga pasien,” beber Suzana.

Dia menjelaskan, seluruh kegiatan ini mendapat support dana dari Hibah Riset Muhammadiyah Batch VI 2022-2023 serta di dukung penuh oleh Bupati Muratara H. Devi Suhartoni, SH selaku pemilik Yayasan Rumah Singgah.

“Bapak Bupati menyambut baik rangkaian PkM yang telah TIM susun. Untuk itu, kami TIM PkM mengucapkan banyak terimakasih atas izin yang telah diberikan serta kepada seluruh penghuni yang telah mengikuti kegiatan PkM ini dengan antusias,” tutup dia. (ril)

 

Sumber: