Lahat Dikepung Banjir Bandang dan Longsor, Forkompimda Langsung Terjun ke Lokasi Terdampak

Lahat Dikepung Banjir Bandang dan Longsor, Forkompimda Langsung Terjun ke Lokasi Terdampak

Lahat Dikepung Banjir dan Longsor Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Forkompinda memberi perhatian kepada warga. foto: dok/oganilir.co.--

LAHAT, OGANLIR.CO – Hujan yang terus mengguyur Kabupaten LAHAT beberapa pekan terakhir, membuat sejumlah wilayah di Kabupaten LAHAT terkepung banjir dan longsor.

Kamis, 9 Maret 2023, sejumlah wilayah seperti di Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang, Gunung Kembang Kikim Timur, Keban Agung Mulak Sebingkai diterjang banjir bandang akibat meluapnya air sungai.

Tak hanya itu beberapa daerah lain seperti kawasan Pasar Bawah Lahat, Kawasan Jarai, Kawasan Mulak Ulu juga terendam air.

BACA JUGA:Sungai di Desa Lubuk Sepang Pulau Pinang Lahat Meluap, 80 Rumah Terendam, Jembatan Ikut Disapu Banjir

Bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi juga langsung terjun ke lokasi banjir bandang di kawasan Pasar Bawah Kelurahan Kota Jaya Kecamatan Lahat. 

Bupati juga langsung memberikan bantuan bagi korban di pasar bawah Lahat.

Hingga saat ini belum terdata pasti, berapa jumlah yang terandam air. Namum diperkirakan mencapai ratusan rumah yang terendam. 

Terparah ialah di Desa Lubuk Sepang Kecamatan Pulau Pinang. Ketinggian air. Mencapai 1 meter- 1,5 meter akibat banjir bandang.

BACA JUGA:Longsor dan Banjir di Merapi Selatan Lahat, 2 Mobil Masuk Sungai, Wisata dan Pendakian Bukit Besak Ditutup

Pantauan dilapangan, anggota Kodim 0405 Lahat dan jajaran, BPBD Lahat, dan pihak Polres Lahat langsung berjibaku melakukan penanganan awal banjir. 

Seperti melakukan evakuasi warga maupun harta benda. Termasuk mengatur arus lalu lintas.

“Ya banjir terjadi di beberapa wilayah di Lahat. Juga ada longsor,” ungkap Wabup Lahat H Haryanto SE MM MBA didampingi Kalakhar BPBD Lahat H Ali Afandi, Kamis pagi, 9 Maret 2023.

BACA JUGA:Jalan Sore di Flyover Patih Galung, Latar Icon Nanas Jadi Objek Foto, Pedagang Jajanan pun Banjir Rezeki

Lalu untuk longsor dan pohon tumbang terjadi pula di beberapa wilayah. 

Sumber: