Jawa Adalah Kunci, Bukan Pepesan Kosong

Jawa Adalah Kunci, Bukan Pepesan Kosong

Hasil survey di pulau jawa saat Pilpres 2019--

oganilir.disway.id Kalimat yang saat ini menjadi sangat penting khususnya dalam dunia perpolitikan di Indoenesia.

Kalimat yang pernah dipopulerkan oleh pimpinan PKI DN Aidit saat melakukan orasi politiknya menjelang Pemilu 1955 dihadapan puluhan ribu kader partai yang berlambang palu irit ini , kini menjadi kenyataan .


Pentingnya Jawa terkhusus pemilih dari suku Jawa sebagai basis konstituen dalam politik langsung setelah reformasi 1998 ini terbukti sejak Pemilu Presiden 2004.2009,2014 hingga Pilpres terakhir 2019.


Kemenangan SBY JK pada Pilpres 2004 dengan mengalahkan pasangan Mega -Hasyim di putaran kedua  tidak lepas karena kemenangan pasangan ini di seluruh propinsi di Pulau Jawa yang jika ditotal suara pemilih lebih dari 50 persen suara secara nasional.

BACA JUGA:Tanah Jajahan Series , Negeri Makmur Ladang Subur Kolonialisme


Hal yang sama juga ditunjukkan lagi pada gelaran Pilrpres 2009 . Pasangan SBY Boediono juga menang telak terhadap pasangan Mega Prabowo .


Di propinsi dengan populasi padat pemilih seperti Jawa Timur, Jawa Tengan, DIY, Jabar, DKI dan Banten pasangan SBY Boediono unggul telak dengan prosentas 55-67 persen dibanding pasangan Mega Prabowo.


Pentingnya Jawa juga terlihat saat Pilpres 2014. Jokowi yang maju bersama Jusuf Kalla memenangkan pertarungan dengan lawannya yakni Praabowo Hatta di propinsi dengan jumlah pemilih signifikan.


Meski kalah di Jawa Barat dan Banten, pasangan Jokowi JK unggul jauh di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta dan DKI Jakarta.

 

BACA JUGA:Partai Gerindra Ogan Ilir Tuntaskan Kepengurusan Ranting di 241 Desa /Kelurahan


Kemenangan di propinsi dengan populasi suku jawa terbesar di Indonesia ini menjadi kunci sukses bagi kontestas Pilpres selanjutnya.


Jokowi yang maju lagi bersama wakilnya KH Maruf Amin bertarung lagi dengan Prabowo yang menggandeng Sandiaga Uno sebagai wakilnya.


 Lagi lagi kemenangan di Propinsi dengan populasi suku jawa terbanyak ini menjadi penyuplai terbesar suara kemenangan bagi Jokowi dio Pilpres 2019.

Sumber: